HONDA

Putusan Mahkamah Konstitusi : Memperkuat Rohidin Mersyah Kembali Maju jadi Cagub Bengkulu Pemilukada 2024

Putusan Mahkamah Konstitusi : Memperkuat Rohidin Mersyah Kembali Maju jadi Cagub Bengkulu  Pemilukada 2024

Putusan Mahkamah Konstitusi : Memperkuat Rohidin Mersyah Kembali Maju jadi Cagub Bengkulu Pemilukada 2024--DOK/RB

Disusun oleh :

Rendra Edwar Fransisko, S.H,.M.H. dan Dr. Alauddin, S.H,.M.H. (Dosen Fakultas Hukum Universitas Prof. Dr. Hazairin, S.H. Bengkulu)

Putusan Mahkamah Konstitusi : Memperkuat Rohidin Mersyah untuk Kembali Maju Menjadi Calon Gubernur Bengkulu Dalam Pemilukada 2024

POLEMIK silang pendapat terjadi di kalangan akademisi hukum ihwal Putusan MK Nomor : 02/PUU-XXI/2023, Putusan MK Nomor Nomor 67/PUU-XVIII/2020 dan Putusan MK Nomor 22/PUU-VII/2009. 

Selanjutnya dihubungkan dengan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, kemudian ditafsirkan berdasarkan putusan MK tersebut Rohidin Mersyah tidak bisa mencalonkan diri kembali menjadi Gubernur Bengkulu dalam PILKADA 2024.

Benarkah tafsir hukum oleh Ahmad Wali, S.H.,M.H yang dimuat dalam media online dengan judul: “Dampak Putusan MK Nomor 02/PUU-XXI/2023, Rohidin Mersyah Tak Bisa Maju Jadi Cagub”, web akses jam 1.56 tanggal 25 Maret 2024:  

BACA JUGA:Dewan Dukung Penuh Langkah Gubernur Rohidin Terkait Fakta Integritas dan Penguatan Layanan Pemenuhan Hak Anak

BACA JUGA:Beredar Akun FB Gubernur Bengkulu yang Dipalsukan OTD, Rohidin: Jangan Dilayani Blokir Saja !

https://www.bengkulunetwork.com/news/1604446262/dampak-putusan-mk-nomor-02puu-xxi2023-rohidin-mersyah-tak-bisa-maju-jadi-cagub dan Prof. Dr. Juanda, S.H.,M.H dalam media online dengan judul : “Juanda : Petahana Rohidin Tidak Bisa Nyalon Gubernur”, web akses jam 2.17 tanggal 25 Maret 2024 : 

https://www.rri.co.id/hukum/595643/juanda-petahana-rohidin-tidak-bisa-nyalon-gubernur. 

Tulisan ini merupakan wujud keresahan kami sebagai akademisi hukum yang melihat distorsi penafsiran terhadap putusan Mahkamah Konstitusi Nomor : 02/PUU-XXI/2023 yang kemudian ditayangkan secara live (siaran langsung) di studio BETV tanggal 19 Maret 2024. 

Selain itu tulisan ini juga akan merespons lebih lanjut pendapat hukum Ahmad Wali, S.H.,M.H. dan Prof. Dr. Juanda, S.H.,M.H.

BACA JUGA:Gubernur Rohidin Cabut Pembatasan Solar dan Pertalite, Keluarkan Surat Edaran Terbaru Terkait BBM Subsidi

BACA JUGA:Gubernur Rohidin Terima Anugerah Kehormatan Lembaga Adat Melayu Jambi, sebagai 'Datuk H. Rohidin Mersyah'

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"