HONDA

Tak Selalu Berbahaya, Kenali Petir serta Manfaatnya untuk Kehidupan Manusia di Bumi

Tak Selalu Berbahaya, Kenali Petir serta Manfaatnya untuk Kehidupan Manusia di Bumi

Kenali petir serta manfaatnya untuk kehidupan manusia di bumi, tak selalu berbahaya.--dokumen/rakyatbengkulu.com

Dijelaskan juga oleh guru besar ITB tersebut, petir itu paling banyak terjadi pada saat musim hujan, diketahui petir ini ada yang berasal dari muatan positif dan dari muatan negatif. 

BACA JUGA:BMKG Peringatkan Curah Hujan di Wilayah Provinsi Bengkulu, Waspada Petir

Selain itu ada juga dari awan ke tanah dan ada dari tanah ke awan, kalau ujung petir cabangnya ke bawah, maka artinya sumber petir dari awan ke tanah, sementara jika sebaliknya maka sumber petir dari tanah ke awan. 

Petir memiliki manfaat untuk kehidupan manusia di bumi, benarkah?

Petir disebut sebagai sahabat untuk kehidupan manusia di bumi, dimana memiliki banyak manfaat dihasilkan pada saat terjadinya petir. 

Menurut Guru Besar ITB, sebenarnya petir tidak harus ditakuti, dikarenakan petir itu menghasilkan nitrat yang dibawa oleh hujan yang bagus untuk tumbuh-tumbuhan, selain itu petir juga dapat menghasilkan ozon untuk menutupi sinar ultraviolet.

BACA JUGA:Menghindari Sambaran Petir: Tips Penting yang Harus Kamu Ketahui

Sementara itu, mengenai dengan banyaknya kejadian orang-orang yang tersambar petir atau rusaknya alat-alat elektronik, menurut Guru besar ITB hal ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman masyarakat terhadap petir. 

Dijelaskannya, petir ini sering menyambar terhadap struktur bangunan yang lebih tinggi, oleh karena itu kalau ada bangunan pencakar langit atau rumah yang lebih tinggi dari rumah lainnya, maka harus dilindungi oleh penangkal petir.

Atau kalau sedang berada di lapangan terbuka, seperti di persawahan atau lapangan sepakbola, kalau sudah muncul tanda-tanda akan terjadinya petir maka harus segera menghentikan berbagai aktivitas dan segera berlindung.

Atau kalau tidak sempat mencari tempat perlindungan, bisa dilakukan dengan merapatkan kedua kaki dan membungkuk hampir sejajar dengan tanah, kalau bersandar pada pohon harus berhati-hati dikarenakan rambatan petir. 

BACA JUGA:Kejadian Tragis Jelang Buka Puasa ! Petir Dahsyat Menyambar 1 Keluarga, Anak 12 Tahun Meninggal Dunia

Jika harus bersandar pada pohon tinggi maka harus ada jarak minimun 1 meter, dikarenakan petir bisa loncat ke arah kita.

Kalau Anda sedang berada di daerah persawahan dan sedang berlindung di pondok atau saung, maka yang harus diperhatikan dikarenakan posisi saung atau pondok merupakan struktur bangunan yang paling tinggi yang ada di persawahan.

Karena itu perlu penangkal petir yang ditancapkan pada sisi saung atau pondok dengan jarak lebih dari 1 meter dari saung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: