HONDA

25 Tahun Gempa Taiwan Terulang Kembali, Kini Magnitudo 7,5 dengan 7 Orang Tewas

25 Tahun Gempa Taiwan Terulang Kembali, Kini Magnitudo 7,5 dengan 7 Orang Tewas

Kini Magnitudo 7,5 dengan 7 orang tewas, setelah 25 tahun gempa Taiwan terulang kembali.--instagram/mornight.official

Gempa yang terjadi di Taiwan ini menyebabkan beberapa kerusakan pada fasilitas bukan itu saja dengan kekuatan yang besar tersebut meruntuhkan beberapa bangunan disana serta merusak fasilitas umum lainnya.

Dikabatkan bahwa beberapa gedung runtuh, miring, jembatan layang untuk kendaraan nampak berguncang kuat sehingga membuat kepanikan warga Taiwan semakin menjadi sehingga ditambah peringatan tsunami.

Gempa Taiwan ini menjadi salah satu gempa terparah sejak sebelumnya terjadi 25 tahun terakhir ini sehingga pemerintah dari negara setempat mengeluarkan untuk peringatan bahaya tsunami bagi warganya.

Bukan hanya di Taiwan yang mengeluarkan peringatan tsunami namun negara tetangga baik itu Jepang dan filipina melakukan hal yang sama untuk mengevakuasi masyarakatnya yang ada di sekitar pesisir.

BACA JUGA:Kasus Selingkuh ASN Benteng, Ini 5 Alasan Menghianati Pasangan Sahnya

Untuk itu diharapkan kewaspadaan dari rakyat Taiwan akibat gempa besar yang terjadi Magnitudo 7,5, dilansir dalam akun Instagram cettamandarin bahwa ada sedikitnya 26 bangunan runtuh dan mengalami rusak parah.

Selain itu kejadian gempa ini melumpuhkan sistem transportasi dan lalu lintas di Taiwan diantaranya kereta MRT di Taipei yang dihentikan sementara selama 1 jam dari gempa terjadi pagi tadi.

Pemadam kebakaran Taiwan mengatakan sampai pukul 10.00 WIB ada satu orang korban gempa yang tewas tertimpa reruntuhan sehingga diperkirakan ada 50 orang yang terluka akibat gempa.

Masih banyak lagi warga yang terjebak dalam bangunan yang runtuh karena gempa Magnitudo 7,5 tersebut sehingga sampai saat ini ada 7 orang dilaporkan tewas.

Kemudian 700 lainnya luka-luka serta sekitar 77 jiwa masih terjebak di reruntuhan pihak berwenang masih melakukan beberapa tindakan penyelamatan untuk warga Taiwan.

BACA JUGA:Tabel Rincian Dana Desa 2024 Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat: Ini Lengkapnya

Ini menjadi gempa terparah setelah 25 tahun terakhir sebelumnya pernah terjadi berkekuatan Magnitudo 7,6 pada tahun 1999 dan menelan 2.400 jiwa karena akibat dari kekuatan dahsyat gempa tersebut.

Lalu lintas sepanjang di pantai timur hampir terhenti, tanah longsor dan puing-puing yang berjatuhan menghantam terowongan serta jalan raya diwilayah pegunungan di Taipei sehingga perjalanan kereta api juga dihentikan.

Sebelumnya Hualien juga pernah terjadi gempa bumi pada tahun 2018 lalu yang tentunya merobohkan beberapa bangunan dan satu hotel bersejarah kemudian pada tahun 1999 september juga paling besar.

Sehingga memakan korban jiwa hingga 2400 tewas sehingga membuat warga panik dengan kejadian pagi tadi menimpa mereka dan sejumlah wilayah kecil lain di Taiwan berikut negara Jepang dan Filipina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: