Marhaban Ya Ramadhan
HONDA

25 Tahun Gempa Taiwan Terulang Kembali, Kini Magnitudo 7,5 dengan 7 Orang Tewas

25 Tahun Gempa Taiwan Terulang Kembali, Kini Magnitudo 7,5 dengan 7 Orang Tewas

Kini Magnitudo 7,5 dengan 7 orang tewas, setelah 25 tahun gempa Taiwan terulang kembali.--instagram/mornight.official

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Setelah 25 tahun gempa Taiwan terulang kembali paling parah setelah sebelumnya, kini Magnitudo 7,5 dengan  7 orang dilaporkan tewas terjadi pukul 09.00 waktu setempat 3 April 2024.

Pemerintah Taiwan keluarkan peringatan tsunami atas kejadian tersebut pada pagi hari sehingga akses untuk transportasi dan lalu lintas ditutup sementara selama 1 jam ketika kejadian gempa terjadi.

Sebelumnya Taiwan juga pernah mengalami gempa pada 1999 dengan Magnitudo 7,6 selama 25 tahun baru terulang kembali gempa dahsyat yang meluluh lantakan Taiwan pada saat ini.

Sebanyak 2400 korban jiwa dinyatakan meninggal dunia akibat gempa tersebut karena terjebak dalam reruntuhan bangunan yang runtuh akibat gempa yang terjadi pada september 1999 lalu.

Pada 2018 dahulu juga sempat terjadi gempa dengan kekuatan Magnitudo 6,4 pada 6 februari 2018 waktunya pukul 23.00 waktu setempat sehingga tentunya memakan korban jiwa atas kejadian tersebut.

BACA JUGA:Gempa 7,5 Magnitudo Mengguncang Taiwan, Pemerintah Keluarkan Peringatan Tsunami

Sekitar 18 orang tewas dalam kejadian tersebut dan 275 orang mengalami luka-luka akibat tertimpa reruntuhan yang bangunan dalam insiden yang mengenaskan tersebut.

Taiwan memiliki sejarah gempa yang kuat berada di kompleks zona konvergensi antara Lempeng Laut Filipina dan Lempeng Eurasia di lokasi gempa bumi, lempeng-lempeng ini bertemu pada tingkat 75 mm per tahun. 

Kerak samudera dari Lempeng Eurasia mengalami subduksi di bawah Lempeng Laut Filipina yang membentuk busur kepulauan, Busur Luzon di sebelah selatan Taiwan sehingga kerap sekali mengalami pergeseran.

Hal itulah yang menyebabkan Taiwan ini rawan dengan mengalami gempa dahsyat dari lempengan-lempengan yang ada di Samudra tersebut sehingga acap kali gempa mengguncang daerah tersebut.

Berpusat di Kota Hualien, yang merupakan daerah yang paling parah terdampak dengan intensitas maksimum gempa namun daerah wilayah sekitarnya juga merasakan dari efek gempa dari pergeseran lempeng tersebut.

BACA JUGA:Momen Ketika Seseorang Disambar Petir: Apa yang Terjadi dan Akan Dirasakan?

Diantaranya seperti terjadi saat ini getarannya terasa hingga ke pulau Okinawa dan Miyako yang ada di Jepang Selatan dan wilayah kecil daerah pesisir di Filipina sehingga mereka juga merasakan guncangan gempa.

Sehingga pada saat ini setelah 25 tahun gempa Taiwan terulang kembali, kini Magnitudo 7,5 gempa terasa hingga Jepang dan Filipina yang mengakibatkan pemerintahnya juga mengeluarkan peringatan tsunami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: