HONDA

Jemaah Masjid Aolia Gunung Kidul Sudah Gelar Shalat Idul Fitri 1445 Hijriyah Hari Ini

Jemaah Masjid Aolia Gunung Kidul Sudah Gelar Shalat Idul Fitri 1445 Hijriyah Hari Ini

Jemaah Masjid Aolia Gunung Kidul Sudah Gelar Shalat Idul Fitri 1445 Hijriyah Hari Ini--instagram/infipop.id

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Jemaah Masjid Aolia Gunung Kidul sudah shalat Idul Fitri 1445 Hijriyah, hari ini Jumat 5 April 2024.

Dikutip dalam akun instagram infipop.id, jemaah Masjid Aolia di Panggang, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta sudah berlebaran dan merayakan hari raya Idul Fitri hari ini.

Tentunya hal ini 5 hari lebih awal dari jadwal Idul Fitri yang kemungkinan ditentukan pemerintah, sekitar tanggal 10 atau 11 April 2024 nanti.

Ratusan jemaah memadati Masjid Aolia dan rumah pimpinan Raden Ibnu Hajar Pranolo sejak pukul 06.00 WIB. seperti tahun sebelumnya mereka juga melakukan lebaran lebih awal.

BACA JUGA:34 Masjid Jadi Sasaran Pembangunan Pemerintah Tahun 2024, Ini Daftarnya

Begini penjelasan dari Imam/pengurus masjid. mengakui sudah menelfon Allah SWT dikutip di instagram ctd.insider.

"Saya tidak pakai perhitungan saya langsung telfon kepada Allah SWT pada tanggal 4 kemarin," katanya.

Masjid Aolia di Dusun Panggang III, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta yang menggelar shalat Idul Fitri 1445 Hijriah ini, dihadiri oleh ratusan jemaah yang mengikutinya.

Sedangkan masyarakat Islam di Indonesia hampir sebagian besar masih menjalankan ibadah puasa karena organisasi masyarakat di Indonesia seperti Muhammadiyah dan Nadhlatul Ulama belum Idul Fitri.

BACA JUGA:Masjid-masjid Tertua di Provinsi Bengkulu, Ada yang Berumur Lebih dari 200 Tahun

Muhammadiyah menurut hitungan hisabnya akan melaksanakan Idul Fitri pada 10 April 2024 nanti, sedangkan Nahdlatul Ulama masih menunggu hilal sebagai perhitungan 1 Syawal 1445 Hijriyah.

Sehingga mayoritas umat Islam belum melaksanakan shalat Idul Fitri, hanya di jemaah Masjid Aolia saja yang sudah melaksanakan.

Hal tersebut hingga viral di media sosial dan membuat heboh para netizen, diiringi gema takbir pagi harinya jemaah mulai memadati Masjid Aolia dan kediaman Imam Jamaah Masjid Aolia KH Raden Ibnu Hajar Sholeh Pranolo.

Shalat Idul Fitri tersebut dilaksanakan oleh mereka pada pagi hari tepatnya pukul 06.58 WIB, dilanjutkan mendengarkan khotbah, dan diakhiri saling bersalam-salaman serta  silahturahmi antara jiran tetangga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"