HONDA

Jemaah Masjid Aolia Gunung Kidul Sudah Gelar Shalat Idul Fitri 1445 Hijriyah Hari Ini

Jemaah Masjid Aolia Gunung Kidul Sudah Gelar Shalat Idul Fitri 1445 Hijriyah Hari Ini

Jemaah Masjid Aolia Gunung Kidul Sudah Gelar Shalat Idul Fitri 1445 Hijriyah Hari Ini--instagram/infipop.id

BACA JUGA:5 Masjid Terkenal yang Ada di Pulau Sumatera, Paling Terkenal Berasal dari Provinsi Ini

Tentunya untuk menghindari hal yang tidak diinginkan dalam shalat tersebut dikawal oleh sejumlah personel Polri, TNI, serta Banser, hal ini dikarenakan untuk menjaga keamanan dilingkungan tersebut.

Imam Jemaah Masjid Aolia, Mbah Benu usai melaksanakan shalat Idul Fitri pada pagi hari tadi memberikan pesan untuk toleransi umat beragama agar masyarakat terus merawat persatuan dan kerukunan satu sama lain.

"Saling rukun, jaga persatuan dan kesatuan dengan siapa saja, jangan menyalahkan orang lain atas perbedaan yang terjadi," katanya dikutip dari Antara.

Diketahui mereka melaksanakan puasa lebih awal pada tanggal 7 Maret 2024 lalu, sehingga mereka juga menentukan hari raya Idul Fitri pada tanggal 5 April 2024 hari ini lebih dulu dari yang lainnya. 

BACA JUGA:Berdiri Kokoh Sejak Ratusan Tahun, Ini 10 Masjid Tertua di Indonesia

Jemaah Masjid Aolia sudah ada sejak lama dan hidup berdampingan dengan masyarakat lainnya di dusun setempat sehingga perbedaan ini bukan menjadi alasan untuk tidak bertoleransi.

Mereka tidak menggunakan sistem perhitungan seperti hisab yang dilakukan oleh organisasi masyarakat seperti Muhammadiyah atau melakukan pembacaan hilal seperti pemerintah atau Nadhlatul Ulama.

Cara menentukan penetapan awal Ramadhan dan Idul Fitri berdasarkan komunikasi yang dilakukan oleh Imam itu sendiri kepada Allah SWT sehingga tidak mengenal hisab dan pembacaan hilal.

Untuk itu kegiatan yang dilakukan oleh jemaah masjid Aolia Gunung Kidul tersebut bukan sesuatu yang aneh lagi oleh mereka, karena tahun sebelumnya juga melakukan hal yang sama dengan lebih cepat lebaran.

BACA JUGA:10 Masjid Bersejarah di Pulau Sumatera, Salah Satunya Ada di Bengkulu

Pada tahun sebelumnya mereka mengadakan shalat Idul Fitri lebih cepat juga dibandingkan mayoritas umat Islam lainnya yang ada di Indonesia, sehingga hal tersebut sudah biasa terjadi.

Namun, tahun ini terlanjur viral di media sosial karena selisihnya dengan umat Islam lainnya selama 5 hari sehingga sangat mencolok perbedaannya dalam lebaran tahun 2024 ini.

Keyakinan yang dipegang oleh Imam Masjid Aolia menjadi tolak ukur mereka dalam melaksanakan ibadah shalat Idul Fitri, sehingga menjadi hal yang berbeda dengan yang lainnya namun itulah bentuk toleransi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: