HONDA

Buah Quince, Rasanya Perpaduan Apel dan Pir yang Rendah Kalori Tapi Mengenyangkan, Ini 7 Manfaatnya

Buah Quince, Rasanya Perpaduan Apel dan Pir yang Rendah Kalori Tapi Mengenyangkan, Ini 7 Manfaatnya

Buah Quince, Rasanya Perpaduan Apel dan Pir yang Rendah Kalori Tapi Mengenyangkan, Ini 7 Manfaatnya --Pixabay.com/Pixabay//

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Buah yang satu ini tergolong unik, sebab merupakan perpaduan antara apel dan pir dengan ukuran yang serupa. Buah qince ini berasal dari Asia Barat Daya dan Timur Tengah. 

Ada 7 manfaat buah quince bagi kesehatan lantaran kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Memang kandungan nutrisi buah quince tidak setinggi buah lainnya, bahkan cenderung rendah kalori. tapi buah ini mengeyangkan. 

Bentuk buah quince mirip seperti buah pir yang keras dan asam dari keluarga Rosaceae. Nyatanya buah quince memang berkerabat dekat dengan apel dan pir. Sayangnya quince tidak sepopuler apel dan pir. 

BACA JUGA:Wow! Ini Dia 4 Resep Kue Kering Lebaran yang Paling Diminati

Bagian luar bagian luarnya kuning dan menyeruak aroma yang kuat dan nikmat. Sebelum dimasak buah quince ini keras dan rasanya asam. Nah setelah berubah merah dan rasanya berbeda ketika dimasak.

Buah quince siap dimakan pada akhir musim gugur. Biasanya masyarakat membuang kulit dan inti buah sebelum memasaknya. Cara memasaknya bisa dipanggang, direbus, dihaluskan, dibuat agar-agar atau selai.

Selain kalori, buah quince juga mengandung lemak, protein, karbohidrat, serat, Vitamin C 15 persen dari kebutuhan harian, Tiamin (vitamin B1) 1,5 persen dari kebutuhan harian dan Vitamin B6 2 persen dari kebutuhan harian.

BACA JUGA:Serap 32.119 Tenaga Kerja, Tingkat Pengangguran dan Kemiskinan Bengkulu jadi Turun

Kemudian ada mineral seperti tembaga, zat besi, kalium dan magnesium. Bisa dikatakan buah quince memasok vitamin C dan tembaga dalam jumlah sedang, ditambah sejumlah kecil vitamin B, zat besi, kalium dan magnesium.

Buah quince ini kaya akan senyawa tertentu, tapi kalori sangat sedikit. Dengan begitu buah ini cocok untuk cemilan sehat rendah kalori dan mengenyangkan. Simak manfaat buah quince. 

 

1. Terhindar dari Radikal Bebas Berkat Antioksidan

Kandungan antioksidan yang cukup tinggi dari buah quince mampu menangkal radikal bebas yang membahayakan tubuh. Antioksidan ternyata mampu mengurangi stres metabolik.

BACA JUGA:Bisa Merangsang Sistem Kekebalan Tubuh, Ini 6 Manfaat Buah Baobab, Dijuluki Pohon Paling Super Power

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: