HONDA

Rasanya Menyerupai Kacang Tanah, Buah Hala Kaya akan Nutrisi, Ini 8 Manfaatnya Bagi Kesehatan

Rasanya Menyerupai Kacang Tanah, Buah Hala Kaya akan Nutrisi, Ini 8 Manfaatnya Bagi Kesehatan

Rasanya Menyerupai Kacang Tanah, Buah Hala Kaya akan Nutrisi, Ini 8 Manfaatnya Bagi Kesehatan --Instagram.com/sholaahuddin_•//

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Termasuk keluarga Pinus sekrup, buah hala atau dikenal dengan nama latinnya Pandanus tectorius merupakan tanaman Pandanaceae. 

Tanaman ini kebanyakan tumbuh di daerah maritim tropis, sub-tropis dan hangat. Kebanyakan tanaman yang biasanya disebut sebagai pandan laut ini tumbuh di tepi pantai atau laut. 

Menariknya buah hala ini bisa dimakan dan rasanya menyerupai kacang tanah. Buah ini mengandung gizi yang lengkap seperti vitamin C, serat, flavonoid dan berbagai mineral. Ini 8 manfaat buah hala bagi kesehatan. 

BACA JUGA:Tabel Rincian Dana Desa 2024 Kabupaten Alor, NTT: Ini Lengkapnya

Nutrisi yang terkandung di dalamnya diantaranya air, karbohidrat, protein, lemak, serat dan beta karoten. Jumlah kadar air dalam buah hala mencapai 74 - 79 persen, sehingga dapat membantu meringankan dehidrasi.

Selain itu, kandungan karbohidratnya 87 - 90 persen, protein 3 - 4,8 persen, kadar serat 24 - 27 persen dan lemak yang hanya 0,3 - 0,5 persen menjadikannya sebagai buah dengan nutrisi lengkap.

Kandungan lain ada beta karoten yang berperan dalam membantu mengatasi beberapa penyakit serius, diantaranya liver, pankreas hingga kanker.

BACA JUGA:Hati-hati Makan Berlebih Saat Lebaran, Ini 9 Cara Menghindari Makan Berlebihan, Pilih Makanan Tinggi Serat

Dengan semua kandungan nutrisi itu, buah hala ini sangat berpotensi untuk dijadikan beragam olahan pangan yang enak dan menyehatkan.

Selain di Indonesia, buah hala juga tumbuh di Asia Selatan seperti India selatan dan Sri Lanka. Lalu di Asia Tenggara seperti Myanmar, Thailand, Malaysia, Indonesia dan Filipina. 

Kemudian ke arah timur melalui Papua Nugini dan Australia utara tropis dan meluas ke seluruh kepulauan Pasifik, termasuk Melanesia, Mikronesia dan Polinesia. Simak manfaat buah hala bagi kesehatan.

BACA JUGA:Tabel Rincian Dana Desa 2024 Kabupaten Lebak, Banten: Ini Lengkapnya

 

1. Tingkatkan Energi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: