HONDA

Kajian Islam Ustadz Khalid Basalamah: Muhasabah Diri Tentang Ujian Kehidupan

Kajian Islam Ustadz Khalid Basalamah: Muhasabah Diri Tentang Ujian Kehidupan

Kajian Islam Ustadz Khalid Basalamah : Muhasabah Diri Tentang Ujian Kehidupan--Tiktok/dakwah Islam

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM  - Kajian Islam bersama Ustadz Khalid Basalamah kali ini membahas muhasabah diri tentang ujian kehidupan yang dimiliki oleh setiap manusia.

Manusia pasti diberikan ujian kehidupan, baik itu diberikan nikmat maupun ujian dari kesusahan, untuk melihat kemampuan manusia tersebut dalam bermusahabah diri.

Setiap manusia memiliki kemampuan yang diberikan oleh Allah untuk bisa menghadapi semua ujian tersebut, baik yang besar sekalipun ataupun kecil, namun bagaimana caranya kita tetap menyerahkan semuanya kepada Allah SWT.

Sejujurnya Allah SWT lah yang bisa membantu kita dalam menyelesaikan setiap masalah yang kita dapatkan, namun untuk itu jangan lupa tetap ikhtiar sehingga kita dapat melewati ujian itu dengan bermusahabah kepada Allah SWT.

BACA JUGA:Kajian Islam Ustadz Abdul Somad: Pentuan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah

Berkaitan dengan itu, Ustadz Khalid Basalamah dikutip dalam akun tiktok dakwah Islam mengatakan, "dalam sebuah hadist riwayat Muslim sungguh mengagumkan perkaranya orang-orang beriman namun hanya dimiliki oleh orang-orang beriman saja."

Jelas dalam hadist riwayat Imam Muslim tersebut bahwa Rasulullah pernah mengatakan mengagumi orang yang beriman disetiap perkara yang menimpa dirinya. 

"Kalau datang padanya nikmat maka dia bersyukur, jika datangnya ujian padanya maka dia bersabar itu merupakan kaidah dasarnya sebuah kebahagiaan," jelas Ustadz Khalid Basalamah.

Diterangkannya kembali dalam kehidupan kita dimuka bumi ini ada 2 sayap kehidupan yang harus berdampingan, syukur kepada nikmat yang ada dan sabar pada saat ujian datang.

BACA JUGA:Kajian Islam Ustadz Adi Hidayat: Lailatul Qadar Menurut Hadist Benarkah di Malam Jumat

Itu tidak bisa dipisahkan antara satu dan lainnya, karena kenikmatan dan ujian merupakan semuanya berdampingan satu sama lain tidak bisa dipisahkan. 

Dijelaskan Ustadz Khalid Basalama, "Akan ada nikmat yang datang kepada kita dan akan ada cobaan yang datang sebagaimana yang saya bahasakan tadi, namun Allah akan berikan pernahkat-perangkat untuk mendapatkan jalan keluarnya".

Allah SWT akan senantiasa memberikan jalan keluar sehingga kita akan meraih kebahagiaan itu, juga lagi tidak mendapatkan kesusahan sebagaimana yang dimaksudkan.

Ustadz Khalid Basalamah mengandaikan kalau kita sakit dapat dokter yang cocok dan kira sembuh dari penyakit yang diderita tersebut yang nantinya menjadi sebuah kebahagiaan tersendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: