HONDA

Kue Maksuba Asli Palembang Basah dan Legit, Selalu Ada Saat Lebaran Idul Fitri

Kue Maksuba Asli Palembang Basah dan Legit, Selalu Ada Saat Lebaran Idul Fitri

Kue Maksuba Asli Palembang Basah Dan Legit, Selalu Ada Saat Lebaran Idul Fitri--instagram/dapur_ginata

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM -  Kue maksuba asli Palembang dengan tekstur yang basah dan legit makanan ini selalu ada saat lebaran Idul Fitri dijamin kamu akan ketagihan memakannya.

Palembang memiliki makanan khas dengan beragam diantaranya bolu kojo yang khas, lapis legit dan maksuba ini selain paling terkenal seantereo Indonesia yakni adonan sagu dan ikan yakni pempek. 

Maksuba ini makanan yang sangat rumit dibuat selain itu pengerjaannya harus memiliki ketelatenan dan kesabaran ekstra dalam melapisi setiap bagiannya yang hanya pada kaum borjuis saja yang biasanya ada.

Karena makanan ini sangat banyak sekali menggunakan telur dengan cita rasa manis legit dan teksturnya yang agak basah berbeda dengan kue lapis yang sedikit lebih kering namun masih rumit pembuatannya.

Salah satunya adalah kue maksuba dengan wujud kue basah berlapis dengan cita rasa manis dan legit membuat orang menyukai makanan ini namun biasanya hanya kaum berada yang memilikinya.

Biasanya maksuba ini diberikan kepada acara-acara penghormatan terhadap tamu sehingga tidak sembarangan orang yang bisa membuatnya dan memakan makanan mahal ini sangat istimewa.

BACA JUGA:Jadi Makanan Khas Lebaran yang Hiasi Toples Masyarakat Bengkulu, Ini Resep Kue Perut Punai

Untuk jajaran makanan kue basah Maksuba memiliki kasta yang tertinggi dibandingkan lainnya seperti engkak, lapis, dan lainnya sehingga sesuai dengan kelasnya hanya orang mampu saja yang dapat memilikinya.

Namun saat ini kue maksuba dapat dimiliki dan dimakan oleh siapa saja saat lebaran Idul Fitri biasanya orang Palembang selalu menyediakan makanan ini untuk menjadi idola dari makanan lainnya.

Mana tidak menjadi kasta tertinggi dibandingkan makanan lainnya karena maksuba ini selain pembuatannya yang rumit dan memakan waktu yang lama namun telur yang digunakan yakni telur bebek.

Cita rasa yang dihasilkan berbeda jauh dengan telur biasanya karena dengan menggunakan telur bebek rasanya lebih kenyal dan legit serta lapisannya lebih basah dibandingkan dengan kue bolu sejenisnya.

Biasanya bukan hanya pada saat hari besar keagamaaan saja hadir kue Maksuba ini biasanya pada orang Palembang saat hari besar seperti upacara pernikahan, menyambut tamu luar, atau syukuran.

Kue maksuba tidak pernah ketinggalan peran sertanya dalam sajian uniknya. Selain itu kue maksuba menjadi hidangan untuk kalangan tertentu karena harga bahannya yang mahal apalagi saat ini.

BACA JUGA:4 Ide Kue Kering yang Renyah untuk Hari Raya Idul Fitri, Ada Kacang Jadoel Hingga Pandan Susu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"