HONDA

Kue Kering untuk Lebaran Cepat Berjamur? Ternyata Ini Penyebabnya

Kue Kering untuk Lebaran Cepat Berjamur? Ternyata Ini Penyebabnya

Kue Kering untuk Lebaran Cepat Berjamur? Ternyata Ini Penyebabnya--Instagram/kursusbakingprivat

Kegagalan menyimpannya dalam wadah kedap udara atau menyimpannya di tempat yang hangat dan lembab dapat mempercepat pertumbuhan jamur. Penting untuk menyimpan kue kering di tempat sejuk dan kering.

Hal ini dirasa harus dilakukan dalam penanganan dalam mencegah pembentukan jamur pada kue kering, untuk itu letakkan toples anda di tempat yang sejuk dan kering.

BACA JUGA:Bolehkah Tidak Berpuasa Ketika Mudik Lebaran? Ini yang Dijelaskan oleh Buya Yahya

3. Bahan Terkontaminasi

Faktor lain yang perlu diperhatikan adalah kualitas bahan yang digunakan dalam pembuatan kue kering. Jika salah satu bahan terkontaminasi spora jamur, spora jamur dapat berpindah ke adonan kue.

Spora jamur yang berada di adonan kue ini menjadi menyebabkan tumbuhnya jamur selama proses pemanggangan dan seterusnya, untuk itu dalam pengolahannya juga mesti diperhatikan.

Salah satu penyebab adanya jamur pada kue kering yakni dalam pengolahannya ada bahan yang mudah sekali menimbulkan spora jamur berkembang biak sehingga harus higienis.

4. Lama Penyimpanan

Semakin lama Anda menyimpan kue kering, semakin tinggi kemungkinan berkembangnya jamur.

BACA JUGA:Resep Kue Bolu Gulung Double Chocolate dan Bolu Kukus Coklat Keju, Cocok untuk Sajian Lebaran

Seiring waktu, meskipun disimpan dengan benar, lapisan pelindung tersebut dapat rusak.

Hal ini bisa berakibat spora jamur dapat menempel dipermukaan kue dan berkembang biak, itu menjadi hal wajar karena lama menyimpan makanan yang tidak tahan akan kondisi di suhu kamar juga lama-lama akan berkembang jamur.

Untuk itu harus perhatikan makanan anda jangan terlampau lama menyimpannya, usahakan segera dihabiskan dari pada nanti berjamur, makanlah tepat pada waktunya dan untuk itu jangan berlebihan membeli kue lebaran.

Mencegah tumbuhnya jamur pada kue kering memerlukan penyimpanan yang tepat, bahan-bahan berkualitas, dan pemeriksaan rutin terhadap tanda-tanda kontaminasi. 

BACA JUGA:Cemas Ditanya 'Kapan Nikah' Saat Kumpul Keluarga di Momen Lebaran? Jangan Khawatir, Ini Cara Jawabnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: