HONDA

6 Tradisi Lebaran dari Berbagai Daerah di Indonesia, Menarik dan Unik

6 Tradisi Lebaran dari Berbagai Daerah di Indonesia, Menarik dan Unik

6 Tradisi Lebaran Di Berbagai Wilayah Indonesia Menarik dan Unik--Instagram/kotajakartatimur

Dengan gunungan yang dibuat tinggi menjulang dengan menggunakan hasil bumi yang didapatkan kemudian di doakan setelah shalat ied dan dibagi-bagikan kepada masyarakat.

Sehingga seluruh anggota keraton berikut pasukan dapat menikmati hasil bumi tersebut untuk diperebutkanz masyarakat dapat menggunakannya sebagai makanan hari raya.

Keunikan dan kemeriahan ini selalu dilestarikan hingga saat ini, sehingga tradisi dari Yogyakarta tersebut menjadi bagian tradisi Indonesia yang menarik untuk disaksikan. 

6. Ngejot dari Bali

Bali dengan mayoritas penduduknya beragama Hindu Bali juga memiliki tradisi khusus saat lebaran tiba yakni bernama ngejot berguna untuk kehidupan toleransi beragama.

BACA JUGA:Kamu Harus Tahu! Serunya Tradisi Perayaan Lebaran Unik di Seluruh Dunia

Disinilah umat Islam dan Hindu bersatu untuk memeriahkan Hari besar keagamaan dengan memberikan makanan, kue-kuean, buah-buahan untuk tetangga dan lingkungan desa setempat.

Tradisi ini bentuk kerukunan umat beragam di Bali yang menjadi pemersatu umat beragama, untuk itu Ngejot di Bali selalu dilestarikan hingga saat ini sebagai bentuk keanekaragaman.

Itulah 6 tradisi yang menari dan unik yang ada diberbagai wilayah Indonesia untuk memeriahkan lebaran sebagai bentuk hari kemenangan umat Islam dan bagian dari kebudayaan Indonesia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: