HONDA

Terkuak! Ternyata Ini Sejarah dan Asal Usul Nama Pempek Kapal Selam

Terkuak! Ternyata Ini Sejarah dan Asal Usul Nama Pempek Kapal Selam

Kenapa Dinamakan Pempek Kapal Selam? Ini Sejarahnya --Instagram/videomasakan

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Pempek merupakan makanan wajib masyarakat yang ada di Provinsi Sumatera Selatan, rasanya yang terbilang enak dan dapat dinikmati oleh semua kalangan.

Kenapa dinamakan Pempek kapal selam? Ternyata ini asal usul dan sejarah yang terjadi pada penamaan dari Pempek tersebut, sehingga meskipun terdengar agak aneh namun ada filosofi dibalik penamaan tersebut.

Bukan hanya orang Sumatera Selatan saja yang menyukai kudapan ini, malahan beberapa masyarakat dari daerah lain juga menyukai pempek.

Banyak sekali variasi yang ada pada Pempek Sumatera Selatan atau Pempek Palembang ini, mulai dari yang kecil ukurannya hingga yang besar dan isiannya juga beragam ada yang telur, tahu dan kates atau pepaya muda.

Varian yang banyak ini menjadi incaran semua orang yang ingin menikmati Pempek, dengan berbagai varian sehingga tinggal memilih mana yang paling mereka sukai untuk dinikmati.

BACA JUGA:9 Varian Pempek Khas Palembang yang Selalu Ada Saat Lebaran, Lemak Nian!

Salah satunya yang paling unik namanya yakni Pempek Kapal Selam, ada apa sih sehingga namanya bisa dikatakan Pempek kapal selam, benarkah sebesar kapal selam?

Pempek biasanya ukurannya relatif tidak besar apalagi Pempek ikan tenggiri jarang sekali yang besar, sehingga ada filosofi penamaan dari Pempek kapal selam itu sendiri.

Pada kenyataannya Pempek kapal selam tidak sebesar kapal selam pada umumnya, namun begitu ada hal yang menarik yang dapat diambil kenapa namanya kapal selam.

Sejatinya pempek kapal selam ini berawal dari pempek telor besar, karena isiannya itu adalah telur yang besar dibalut dengan adonan pempek yang sangat sedap.

Awalnya pempek sendiri memiliki beberapa varian soal asal muasalnya, pada dasarnya makanan ini sudah ada sejak masa kolonial Belanda saat menduduki Indonesia sejak beberapa abad silam.

Ternyata ada yang unik dalam istilah penamaan dari pempek kapal selam, ini tergolong baru dalam pemberian namanya sehingga sangat terkenal diseluruh Indonesia.

BACA JUGA:Pempek Panggang Taman Remaja, Kuliner yang Melegenda di Kota Bengkulu Sejak Tahun 1980-an

Pada zaman dahulu di daerah Sumatera Selatan pempek kapal selam lebih dikenal dengan istilah pempek telok besak, artinya pempek telur besar karena isiannya adalah telur yang berukuran besar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: