HONDA

Ini 5 Keistimewaan Menikah di Bulan Syawal, Banyak Peristiwa Penting Terjadi saat Bulan Syawal

Ini 5 Keistimewaan Menikah di Bulan Syawal, Banyak Peristiwa Penting Terjadi saat Bulan Syawal

Ini 5 Keistimewaan Menikah di Bulan Syawal, Banyak Peristiwa Penting Terjadi saat Bulan Syawal --Ilustrasi/ana mariyohana/bing image creator/rakyatbengkulu.disway.id

5. Tradisi Sunnah 

Beberapa ulama menyebutkan bahwa menikah di bulan Syawal merupakan tradisi yang dianjurkan dalam Islam, meskipun tidak ada larangan untuk menikah di bulan-bulan lain.

Meskipun menikah di bulan Syawal memiliki makna khusus, namun keputusan untuk menikah sebaiknya tetap dipertimbangkan dengan matang dan disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan pribadi. 

Yang terpenting adalah niat yang tulus, persiapan yang matang, serta menjalankan pernikahan dengan penuh tanggung jawab dan kesadaran akan amanah yang diberikan oleh Allah SWT.

BACA JUGA:Pastikan Pasokan LPG 3 Kg di Bengkulu Aman, Pertamina Cek Langsung ke Pangkalan

Sebelum menikah, penting bagi calon pasangan untuk memahami dan menghayati makna dari sakinah, mawaddah dan rahmah dalam konteks pernikahan Islam. 

Ini membantu mempersiapkan mental dan emosional untuk membangun hubungan yang sehat, harmonis dan bermakna dalam rumah tangga setelah menikah

Mendapatkan pendidikan pernikahan, konseling pranikah dan komunikasi terbuka antara calon pasangan juga dapat membantu memahami dan menerapkan konsep ini dalam kehidupan pernikahan yang sebenarnya.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Smart TV dengan Budget Murah, Wajib Kamu Punya di Rumah!

Sakinah, mawaddah dan warahmah adalah tiga kata yang sering disebut dalam Al-Qur'an untuk menggambarkan tujuan dan sifat-sifat yang diharapkan dalam pernikahan dalam Islam. 

Ketiganya diambil dari Surat Ar-Rum yang merupakan surat ke-30, ayat 21. Bisa dikatakan bahwa sakinah digambarkan sebagai tentram. 

Sementara mawaddah bermakna kasih yang ditandai rasa cinta, kemudian diwujudkan dengan keinginan saling memberi.

BACA JUGA:Sindir Cara Ibadah Hingga Zakat 2,5 Persen, Aksi Pendeta Gilbert Bikin Heboh

Sedangkan warohmah artrinya sayang yang berwujud keinginan saling menerima kekurangan masing-masing.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: