HONDA

Bisa Mengurangi Risiko Cacat Lahir, Ini 7 Manfaat Akar Teratai Bagi Kesehatan, Kaya akan Vitamin C

Bisa Mengurangi Risiko Cacat Lahir, Ini 7 Manfaat Akar Teratai Bagi Kesehatan, Kaya akan Vitamin C

Bisa Mengurangi Risiko Cacat Lahir, Ini 7 Manfaat Akar Teratai Bagi Kesehatan, Kaya akan Vitamin C--Pixabay.com/Pixabay//

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Bunga teratai dengan nama latin Nelumbo nucifera yang merupakan salah satu tanaman air biasanya hanya dijadikan hiasan kolam ikan pekarangan rumah. 

Padahal akar teratai punya banyak manfaat untuk kesehatan, setidaknya ada 7 manfaat yang bisa dirasakan. Sebab kaya akan vitamin C, Vitamin B dan mineral lainnya.

Sebenarnya bukan hanya akarnya yang bermanfaat, hampir semua bagian dari bunga teratai ini bisa dikonsumsi atau diolah menjadi obat herbal. Mulai dadri bunga, tanaman hingga akarnya. 

BACA JUGA:6 Rekomendasi Vitamin Anak yang Bagus untuk Pertumbuhan dan Perkembangan

Kandungan gizi pada akar teratai mengandung gizi yang bermanfaat untuk menunjang fungsi tubuh.

Beberapa kandungan nutrisi dalam akar teratai antara lain kalori, protein, karbohidrat, natrium, kalium, asam folat, Vitamin C dan Vitamin B.

Sebagian masyarakat Asia mengolah akar teratai dengan cara direbus, ditumis atau digoreng. Ini dia manfaat akar teratai atau lotus root, beberapa di antaranya ditemukan dari penelitian. 

BACA JUGA:7 Tips Menjaga Kesehatan Setelah Lebaran yang Perlu Dilakukan

 

1. Menjaga kesehatan jantung

Lantaran mengandung 218 mg kalium pada 60 g teratai rebus, sehingga nutrisinya bisa menjaga kesehatan jantung. Jumlah tersebut memenuhi 5 – 10 persen dari kebutuhan kalium harian orang dewasa. 

Bila kebutuhan kalium ini terpenuhi, akan membantu membantu mengatasi tekanan darah tinggi atau mentabilkan tekanan darah.

Lalu ada juga kandungan asam folat dan vitamin C dalam akar teratai penting untuk mencegah penyakit jantung. 

BACA JUGA:3 Beda Gejala Demam Berdarah dan Tifus Berdasarkan Penyebabnya, Jangan Sampai Terkecoh !

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: