HONDA

Mengintip Kenikmatan Lemea Cor, Menu Khas Suku Rejang yang Menggugah Selera

Mengintip Kenikmatan Lemea Cor, Menu Khas Suku Rejang yang Menggugah Selera

Mengintip Kenikmatan Lemea Cor, Menu Khas Suku Rejang yang Menggugah Selera--Instagram.com/dindaalamanda

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Mengintip kenikmatan Lemea Cor, menu khas Suku Rejang yang menggugah selera.

Lemea merupakan makanan yang sangat diidamkan oleh masyarakat suku Rejang  yang ada di Provinsi Bengkulu yang tersebar di berbagai daerah.

Tentunya makanan ini hanya orang khas dari suku Rejang saja yang tahu pembuatannya, meskipun terdengar asing namun makanan ini sangat mudah untuk dibuat asalkan mendapatkan bahan utamanya yakni lemea.

Lemea merupakan fermentasi dari bambu muda yang dicampur dengan ikan kecil air tawar, ikan yang biasa digunakan yakni ikan putih yang hidup di perairan sungai daerah Lebong yang sangat nikmat.

BACA JUGA:Lemea, Makanan Khas Suku Rejang Berbahan Bambu Muda Fermentasi, Lezat Sekali!

Bambu muda dari tunas tanaman bambu ini dicincang, kemudian setelah itu baru direndam dengan air, lalu dicuci bersih dan dimasukkan dalam toples, jangan lupa diberi dengan ikan kecil air tawar.

Diantara ikan itu adalah ikan putih atau ikan nila kecil kalau tidak ada boleh di skip, kemudian didiamkan selama 24 jam hingga 3 hari hingga siap untuk dimasak setelah berbau asam.

Memang bau yang ditimbulkan sungguh menyengat tapi jangan salah ketika sudah dimasak, Lemea Cor meskipun sedehana namun sangat enak sekali dinikmati oleh masyarakat Suku Rejang.

Ini dilatar belakangi dahulunya oleh nenek moyang Suku Rejang yang kerjanya berladang atau berkebun di hutan, untuk mendapatkan asupan bahan makanan yang mudah dan dapat tahan lama.

BACA JUGA:5 Makanan Khas Bengkulu yang Enak untuk Berbuka Puasa, Ada Lepek Binti, Pendap Hingga Tempoyak

Maka dari itu terciptalah fermentasi dari bambu muda ini untuk dijadikan bahan utama dalam membuat makanan praktis saat dimasak ketika berada di ladang atau perkebunan.

Setelah itu, nenek moyang Suku Rejang memanfaatkan bahan yang ada di hutan seperti tunas bambu ini yang dijadikan bahan utama dalam membuat makanan yang enak dan praktis.

Begini bahan membuat Lemea Cor yang sangat menggugah selera dari suku Rejang:

Bahan-bahan :

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: