HONDA

Tak Disangka, Pohon Kelapa Sawit Bisa Menghasilkan Nira untuk Pembuatan Gula Merah

Tak Disangka, Pohon Kelapa Sawit Bisa Menghasilkan Nira untuk Pembuatan Gula Merah

Pohon kelapa sawit ternyata bisa menghasilkan nira untuk pembuatan gula merah.--Facebook.com/HarryadiSitompul

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Tanaman kelapa sawit adalah tanaman yang sangat produktif, dikarenakan pada setiap bagiannya ini dapat digunakan sehingga tidak ada yang terbuang atau dibilang tidak memiliki limbah sama sekali. 

Tidak hanya itu, untuk produk turunan hasil dari kelapa sawit baik di dalam proses produksi dan pengolahan minyak kelapa sawit ini dapat diubah menjadi sesuatu yang bermanfaat kehidupan.

Di saat ini sebagian besar perkebunan kelapa sawit yang ada di Indonesia dimiliki oleh para petani rakyat.

Dimana perkebunan-perkebunan sawit milik petani rakyat ini seluas 60 persen dari keseluruhan lahan kelapa sawit yang ada di Indonesia.

BACA JUGA:Berikut Cara Tepat Memilih Bibit Kelapa Sawit untuk Berbagai Jenis Perkebunan Kelapa Sawit

BACA JUGA:Ternyata Setiap Bagian yang Dihasilkan dari Tanaman Kelapa Sawit Bisa Dimanfaatkan

Pada saat ini ramai dengan program replanting sawit, yang merupakan suatu program peremajaan pohon kelapa sawit dimana pohon kelapa sawit yang sudah tua ditebang untuk selanjutnya digantikan dengan bibit sawit yang baru.

Akan tetapi siapa sangka kalau program peremajaan pohon kelapa sawit ternyata bisa menghasilkan gula merah, kok bisa? Namun harus dengan sedikit usaha, pohon sawit yang terbuang ini dapat dimanfaatkan menjadi gula merah.


Program replanting sawit ini merupakan peremajaan pohon kelapa sawit dimana pohon kelapa sawit yang sudah tua ditebang untuk selanjutnya digantikan dengan bibit sawit yang baru--Dok/Rakyatbengkulu.com

Dari penebangan Pohon Kelapa Sawit ini kemudian dihasilkan pohon sawit yang bisa dimanfaatkan untuk banyak keperluan, seperti ada yang diolah menjadi furnitur dan ada juga yang dijadikan kerajinan. 

Dan tidak sedikit juga yang dibuang begitu saja, padahal hanya dengan sedikit usaha pohon Kelapa sawit ini dapat menghasilkan gula merah.

BACA JUGA:Beberapa Tips Menanam Sawit yang Baik dan Benar, Hasilnya Dijamin Melimpah

BACA JUGA:Ini yang Harus Diperhatikan Ketika Berkebun Kelapa Sawit Bagi Petani Pemula

Adapun untuk caranya, cukup dengan mengambil air yang menetes dari pohon kelapa sawit, pohon sawit yang sudah ditumbangkan ini dibelah di bagian pucuknya dan dari pucuk itulah kemudian akan menetes nira

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: