BANNER KPU
HONDA

Bawaslu Kota Bengkulu Umumkan 65 Peserta Lolos Seleksi Administrasi Panwascam untuk Pilkada 2024

Bawaslu Kota Bengkulu Umumkan 65 Peserta Lolos Seleksi Administrasi Panwascam untuk Pilkada 2024

Ketua Bawaslu Kota Bengkulu, Rahmat Hidayat, mengatakan, Bawaslu umumkan 65 peserta lolos seleksi administrasi Panwascam untuk Pilkada 2024.--ANTARA/Anggi Mayasari

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bengkulu mengumumkan bahwa 65 calon panitia pengawas kecamatan (Panwascam) untuk Pilkada 2024 telah berhasil lolos seleksi administrasi.

Para peserta yang berjumlah 65 orang ini akan mengikuti tes tertulis yang dijadwalkan pada 14 Mei 2024 di salah satu hotel di Kota Bengkulu.

"65 orang telah berhasil melewati seleksi administrasi dan informasi mengenai nama-nama mereka sudah kami publikasikan di situs web Bawaslu," ungkap Ketua Bawaslu Kota Bengkulu, Rahmat Hidayat, dikutip antaranews.com, Senin, 13 Mei 2024.

"Kami mengundang mereka yang lolos untuk bersiap mengikuti tahap selanjutnya," katanya.

BACA JUGA:Pilkada Rejang Lebong Tanpa Calon Kepala Daerah Independen

Dengan pengumuman ini, Rahmat meminta masyarakat untuk memberikan tanggapan terhadap nama-nama calon Panwascam yang lolos seleksi administrasi.

Tanggapan tersebut dimaksudkan untuk memberikan masukan kepada Bawaslu Kota Bengkulu jika ada calon Panwascam yang tidak memenuhi syarat.

Caranya dengan menyertakan bukti-bukti yang relevan, seperti anggota aktif partai politik, masalah hukum, dan sebagainya.

"Kami mengajak masyarakat untuk memberikan tanggapan, hal ini sebagai langkah preventif Bawaslu dalam memastikan bahwa calon Panwascam yang terpilih memiliki integritas dan mematuhi aturan," jelasnya.

BACA JUGA:Seleksi Anggota PPS Pilkada 2024 Dibuka, Ini Kriteria yang Diumumkan KPU Kota Bengkulu

Rahmat menjelaskan bahwa total anggota Panwascam yang dibutuhkan adalah 27 orang, dan proses pembentukan Panwascam dilakukan melalui dua metode, yaitu jalur existing dan pendaftaran peserta baru.

Dari peserta yang melalui jalur existing, sebelumnya telah dilakukan penilaian dan evaluasi, dan 19 orang telah berhasil lolos.

Sedangkan delapan orang lainnya merupakan calon Panwascam baru yang tersebar di beberapa kecamatan, seperti dua orang di Kecamatan Gading Cempaka, satu orang di Kecamatan Muara Bangkahulu.

Lalu, satu orang di Kecamatan Ratu Samban, satu orang di Kecamatan Kampung Melayu, dua orang di Kecamatan Ratu Agung, dan satu orang di Kecamatan Teluk Segara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: