BANNER KPU
HONDA

Bantuan Operasional Keluarga Berencana Papua Tengah Rp31,5 Miliar, Berikut Rincian per Daerah

Bantuan Operasional Keluarga Berencana Papua Tengah Rp31,5 Miliar, Berikut Rincian per Daerah

Bantuan Operasional Keluarga Berencana Papua Tengah Rp31,5 Miliar, Berikut Rincian per Daerah--peri/rakyatbengkulu.com

Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana yang selanjutnya disebut Program Bangga Kencana adalah kegiatan yang disinergikan antara pemerintah pusat dan Pemerintah Daerah di Provinsi Papua Tengah, kabupaten, dan kota maupun dengan pemangku kepentingan dan mitra kerja.

BOKB merupakan bantuan operasional dalam pelaksanaan urusan pengendalian penduduk dan KB serta penurunan stunting pada Pemerintah Daerah di wilayah Provinsi Papua Tengah penerima DAK Nonfisik Subbidang Keluarga Berencana.

BACA JUGA:10 Bahan Alami Ampuh Usir Bau Ketiak yang Wajib Kamu Coba

BOKB yang diterima kabupaten dan kota di Provinsi Papua Tengah merupakan belanja barang dan jasa untuk kegiatan operasional dalam pelaksanaan urusan pengendalian penduduk dan KB serta penurunan stunting.

Kegiatan terkait dengan BOKB yang bisa dilaksanakan kabupaten dan kota di Provinsi Papua Tengah dikelompokkan dalam menu: balai Penyuluhan KB, pelayanan KB, penggerakan di Kampung KB, penurunan stunting dan pembinaan Program Bangga Kencana bagi masyarakat di kabupaten dan kota di Provinsi Papua Tengah.

BOKB yang didapatkan daerah-daerah di Provinsi Papua Tengah merupakan bagian dari DAK Nonfisik yang diatur oleh Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, di dalamnya termasuk pengelolaan DAK. 

DAK yang diterima daerah-daerah di Provinsi Papua Tengah, adalah bagian dari transfer ke daerah dan dana desa yang dialokasikan dengan tujuan untuk mendanai program kegiatan, dan kebijakan tertentu yang menjadi prioritas nasional.

BACA JUGA:Berapa sih Kapasitas Baterai iPhone XR dan Apakah Masih Layak di 2025?

Dan membantu operasionalisasi layanan publik di kabupaten dan kota di Provinsi Papua Tengah, yang penggunaannya telah ditentukan oleh pemerintah. 

Secara umum BOKB bertujuan untuk membantu Pemerintah Daerah kabupaten dan kota di Provinsi Papua Tengah, dalam melaksanakan kegiatan yang telah ditetapkan guna memberikan dukungan terhadap upaya

pencapaian target atau sasaran prioritas Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana serta percepatan penurunan stunting.

Secara khusus, BOKB yang didapatkan kabupaten dan kota di Provinsi Papua Tengah bertujuan untuk memberikan dukungan dana operasional Program Bangga Kencana dan percepatan penurunan stunting.

Dengan sasaran, terlaksananya Program Bangga Kencana dan percepatan penurunan stunting di kabupaten dan kota hingga ke lini lapangan di Provinsi Papua Tengah tahun 2024.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: