BANNER KPU
HONDA

Keren! Jerman Punya Sistem Pendidikan Gratis yang Patut Dijadikan Contoh

Keren! Jerman Punya Sistem Pendidikan Gratis yang Patut Dijadikan Contoh

Keren! Jerman Punya Sistem Pendidikan Gratis yang Patut Dijadikan Contoh--Instagram/cettagerman

BACA JUGA:Tips dan Cara Memilih Tas Sekolah untuk Anak SMP dan SMA, Ada Hal Penting yang Wajib Diperhatikan!

Sehingga tidak sembarangan anak-anak untuk melanjutkan sekolahnya ke jenjang Universitas karena akan dilihat lulusan dari mana ketika menjalankan pendidikan ke jenjang sekolah menengah.

Untuk melanjutkan ke Universitas dilihat dulu lulusan mana anak tersebut, untuk yang bisa melanjutkan ke jenjang berikutnya hanya lulusan gymnasium dan lulusan Gesamtschule saja yang bisa.

Sedangkan untuk siswa lulusan realschule bisa melanjutkan ke jenjang Sekolah Tinggi Selain itu dapat langsung menjalankan pelatihan kerja karena sudah diberikan keahlian dan keterampilan di sana. 

Begitupun dengan jenjang pendidikan Hauptschule langsung bisa ke dunia kerja karena dalam kelas 5 sampai 13 sudah diberikan pelatihan Ausbildung yang menjadi bekal untuk kerja. 

BACA JUGA:Awas Situs Palsu! Berikut Daftar Situs Resmi Sekolah Kedinasan, Pendaftaran Dibuka Pertengahan Mei 2024

Tentunya sistem pendidikan yang gratis ini yang diberikan oleh pemerintah Jerman merupakan salah satu bentuk contoh yang baik untuk diberikan kepada masyarakat di Indonesia.

Dengan begitu akan meretaskan kebodohan dan kemiskinan karena sudah diberikan pendidikan yang gratis oleh pemerintah dan menjadi masyarakat yang produktif.

Pendidikan yang gratis ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat hal tersebut agar dapat fokus kepada teori-teori yang diberikan di saat mengenyam pendidikan di sekolah.

Sedangkan di Indonesia sendiri banyak sekali anak-anak yang tidak memiliki fasilitas gratis tersebut karena beban biaya yang mahal untuk melanjutkan sekolah tinggi.

BACA JUGA:Paling Disukai, Ternyata Ada Sisi 'Mistik' dari Aroma dan Rasa Kopi Geisha

Itulah mengapa di Jerman walaupun warga negara asing dapat bersekolah dengan baik di sana karena pemerintahnya menganjurkan untuk pendidikan gratis bagi seluruh penduduk Jerman.

Bukan hanya warga negara asli namun juga warga negara asing yang ilegal pun dapat mengenyam pendidikan di sana dan pemerintahnya menjamin jenjang pendidikan tersebut gratis.

Informasi ini didapatkan dari akun Instagram cettagerman yang memberikan ilmu pengetahuan mengenai jenjang pendidikan gratis yang dilakukan oleh pemerintah Jerman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: