BANNER KPU
HONDA

Paling Disukai, Ternyata Ada Sisi 'Mistik' dari Aroma dan Rasa Kopi Geisha

Paling Disukai, Ternyata Ada Sisi 'Mistik' dari Aroma dan Rasa Kopi Geisha

Paling Disukai, Ternyata Ada Sisi 'Mistik' dari Aroma dan Rasa Kopi Geisha--Instagram/hayaticoffee

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Banyak sekali varietas dari biji kopi, salah satunya yaitu varietas Geisha yang ternyata memiliki sisi mistik yang disukai pecinta kopi.

Kopi Geisha ini merupakan jenis kopi yang tumbuh di 1600 mdpl, jika tumbuh tinggi diatas 2100 mdpl maka daun dan ceri kopi akan mudah terbakar sinar matahari.

Tanaman biji kopi Geisha ini sangat susah sekali untuk tumbuh karena rentan terhadap jamur hingga perlu sekali perawatan yang sangat apik karena terbilang sangat manja dan dibutuhkan perhatian.

Untuk varietas kopi pada umumnya sudah bisa panen di usia 4 sampai 5 tahun, berbeda dengan kopi Geisha membutuhkan 8 tahun baru bisa dipanen biji kopinya dengan waktu yang sedikit lebih lama dari kopi yang lain.

BACA JUGA:Siapa Sangka? Ternyata Ini Penyebab Racikan Kopi Kurang Enak

Bagi penikmat kopi pasti tahu tentang sisi mistis dari kopi Geisha ini, dengan harga yang fantastis menunggu 8 tahun akan sangat nikmat ketika meminum kopi Geisha.

Kopi Geisha ini merupakan varietas pohon kopi yang berasal dari hutan Gori Geisha Ethiopia karena dikenal luas profil rasa bunga dan manisnya yang unik.

Ternyata harga jual dari kopi Geisha ini sangat eksklusif dan setiap tahun bisa meningkat tajam, khususnya Geisha Panama yang memiliki genetik yang berbeda dan memiliki rasa yang unik.

Kopi Geisha sendiri merupakan kopi yang paling berharga di dunia karena sering sekali dijual dan dilelang, khususnya kopi terbaik Panama yang memiliki reputasi bernilai tinggi.

BACA JUGA:Mengulas Sejarah Kopi Luwak, Ternyata Muncul di Abad ke 18

Kopi Geisha ini dimulai dengan memetik buah yang paling matang, produsen lebih memilih buah kopi yang dipetik karena membantu memastikan hanya buah kopi yang matang yang siap untuk dipanen.

Semakin matang buah kopi yang dipetik akan menghasilkan rasa yang semakin manis, tentunya memiliki kualitas yang sangat baik bahkan banyak produsen yang menggunakan mesin atau teknologi untuk mencari kualitas biji yang terbaik.

Namun, ada beberapa petani juga yang dipekerjakan untuk memilah buah biji kopi Geisha dengan dipetik oleh tangan sendiri, selain mereka menggunakan mesin khusus untuk memilih biji kopi yang terbaik.

Ada dua metode yang dilakukan yakni metode basah dan kering, untuk metode basah biji kopi dicuci seringkali sehingga akan menjadi lebih lembut saat diminum karena bertumbuh lebih ringan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: