BANNER KPU
HONDA

Benarkah Ibu Hamil Tidak Boleh Potong Rambut, Cek Mitos atau Faktanya!

Benarkah Ibu Hamil Tidak Boleh Potong Rambut, Cek Mitos atau Faktanya!

Cek mitos atau faktanya, benarkah ibu hamil tidak boleh potong rambut.--Bing.com/Hendri/Rakyatbengkulu.com

BENGKULU,RAKYATBENGKULU.COM - Seringkali di masyarakat kita mendengar, kalau ibu-ibu yang sedang mengalami kehamilan atau sedang hamil tidak boleh untuk memotong rambutnya.

Di sebagian ibu hamil hamil ini bahkan memilih untuk menunda memotong rambut mereka, dikarenakan mereka menganggap akan ada bahaya untuk janinnya. Apa benar kalau memotong rambut ketika hamil berbahaya untuk janin?

Di sebagian masyarakat Indonesia yang dengan berbagai macam kebudayaan dan istiadatnya, sebagian besar masih kental dan memiliki keyakinan dengan beberapa mitos-mitos pada masa kehamilan ini.

Ada beberapa mitos-mitos yang masih diyakini selama masa kehamilan tersebut, seperti ibu hamil jangan duduk di depan pintu, ibu hamil tidak boleh memakan tebu.

Kemudian seperti yang akan kita ulas pada artikel berikut ini, Iibu hamil tidak diboleh memotong rambutnya di selama masa kehamilannya.

BACA JUGA:Labu Siam Mampu Mencegah Penuaan Dini dan Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

BACA JUGA:Siapa Sangka? Orang dengan Kondisi Ini Tidak Dianjurkan Makan Singkong, Salah Satunya Ibu Hamil

Adapun anggapan memotong rambut pada saat kehamilan berbahaya untuk janin ini hanyalah mitos belaka, dimana mitos ini berkembang pada sejumlah kebudayaan.

Dimana rambut diyakini bisa menyalurkan kekuatan hidup dan juga energi, sehingga kalau memotong rambut diyakini bisa menyebabkan hilangnya kekuatan dan mengurangi umur seseorang.

Pada beberapa budaya juga meyakini memotong rambut pada saat hamil dapat mendatangkan nasib buruk, memicu keguguran, dan juga dapat menyebabkan komplikasi kesehatan setelah sang bayi lahir.

Akan tetapi faktanya, pada saat hamil tubuh wanita akan melepaskan sejumlah hormon, dimana kebanyakan hormon ini akan meningkat secara konstan, adapun kenaikan hormon ini berakibat pada kondisi rambut seperti misalnya menjadi lebih kering dan juga rontok.

BACA JUGA:Kenali 8 Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan, Baik Dikonsumsi Ibu Hamil

BACA JUGA:Ibu Hamil Sering Lapar Tengah Malam? Ini 5 Tips Mengatasinya

Sementara memotong rambut pada saat hamil tidak berbahaya untuk janin, mengutip dari Mom Junction bahwa memotong rambut pada saat sedang hamil malahan bisa membuatnya lebih sehat dan juga berkilau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: