BANNER KPU
HONDA

7 Manfaat Wortel yang Sangat Baik untuk Kesehatan, Menurunkan Risiko Kanker hingga Mengontrol Berat Badan

7 Manfaat Wortel yang Sangat Baik untuk Kesehatan, Menurunkan Risiko Kanker hingga Mengontrol Berat Badan

7 Manfaat Wortel yang Sangat Baik untuk Kesehatan, Menurunkan Risiko Kanker hingga Mengontrol Berat Badan--Instagram.com/ meyscake

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Wortel adalah salah satu sayuran yang sangat populer dan tentu saja bisa digunakan untuk berbagai macam olahan hidangan, mulai dari minuman, salad, tumisan, dan masih banyak lagi lainnya.

Sayuran yang berwarna oranye ini merupakan makanan yang sehat karena kandungan nutrisinya yang sangat beragam. Bahkan, bila rutin mengonsumsinya bisa membuat kondisi kesehatan akan menjadi lebih optimal lagi.

Sayuran wortel ini juga mengandung kalsium dan zat besi yang tentu saja bisa memenuhi dua persen kebutuhan harian, sehingga jangan ragu untuk mengonsumsi wortel karena manfaatnya yang sangat baik untuk kesehatan.

Nah, berikut ini manfaat dari wortel untuk kesehatan yang perlu untuk Anda ketahui, yakni:

BACA JUGA:Kacang Tanah Bisa Mengurangi Risiko Kanker, Ini 8 Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

1. Menurunkan risiko kanker

Bila terlalu banyak paparan radikal bebas pada tubuh tentu dapat memicu kerusakan sel dan jaringan. Hal ini tentu akan membuat Anda akan lebih berisiko mengidap penyakit kanker.

Antioksidan yang ada di dalam wortel akan membuat tubuh terlindungi dari paparan radikal bebas. Bukan hanya beta karoten, lutein dan zeaxanthin juga dapat menjadi kandungan yang sangat baik untuk menurunkan risiko penyakit kanker.

Dalam sebuah studi jurnal Food and Nutrition Sciences, karotenoid sangat mampu untuk menetralkan efek radikal bebas. Senyawa ini juga terbukti memiliki aktivitas untuk penghambatan mutagenesis yang berkontribusi terhadap penurunan risiko beberapa jenis kanker.

2. Menjaga kesehatan mata

Sayuran wortel sangat baik untuk kesehatan mata. Kenapa wortel sangat baik untuk kesehatan mata? Hal ini karena adanya kandungan vitamin A, lutein, dan juga zeaxanthin yang ada di dalam wortel.

BACA JUGA:7 Manfaat Jamur Merang untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Baik untuk Penderita Diabetes

Selain itu, wortel juga mengandung beta karoten yang sangat baik untuk kesehatan mata, dimana beta karoten akan menjadi vitamin A setelah melalui proses di dalam tubuh dan hasilnya kebutuhan vitamin A didalam tubuh akan terpenuhi dengan baik.

3. Membantu menjaga daya tahan tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: