BANNER KPU
HONDA

7 Manfaat Kesehatan Mengonsumsi Gurita, Salah Satunya Membantu Mengatasi Anemia

7 Manfaat Kesehatan Mengonsumsi Gurita, Salah Satunya Membantu Mengatasi Anemia

7 Manfaat Kesehatan Mengonsumsi Gurita, Salah Satunya Membantu Mengatasi Anemia--Instagram.com/ seafood_niepin_frozen

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Hewan gurita memiliki kemampuan untuk mengubah warna kulit mereka demi menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya.

Hewan laut yang satu ini seringkali diolah menjadi bermacam hidangan karena rasanya yang lezat dan juga gurih. Namun, gurita juga dapat memberikan sejumlah manfaat untuk kesehatan karena kandungan nutrisinya yang sangat melimpah.

Dalam setiap 100 gram gurita, terdapat sejumlah nutrisi mulai dari protein 18-20 gram, zat besi 2-3 miligram, vitamin B12 5-10 mikrogram, selenium 30-40 mikrogram, fosfor 200-250 miligram hingga kalium 400-500 miligram. 

Selain beberapa nutrisi tersebut, hewan gurita juga mengandung banyak nutrisi yang lainnya, yaitu seperti sejumlah kecil lemak, kolesterol, vitamin A, vitamin C, magnesium, dan juga dengan zink.

BACA JUGA:Favorit Banyak Kalangan, Ini Manfaat Kolang Kaling untuk Kesehatan

Namun, kandungan nutrisi yang ada di dalam daging gurita juga dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor jenisnya, ukuran dari gurita, dan cara memasaknya.


Manfaat Gurita untuk Kesehatan Tubuh --Instagram.com/ indahndoeks

Nah, berikut ini ada beberapa manfaat dari mengonsumsi gurita yang telah dirangkum oleh Rakyatbengkulu.com dari berbagai sumber, yakni:

1. Membantu mengatasi anemia

Manfaat gurita yang pertama adalah dapat membantu untuk mengatasi anemia, karena  daging hewan moluska yang satu ini mampu untuk merangsang produktivitas sel-sel darah merah.

Hal ini berkat kandungan vitamin B12 yang cukup tinggi daripada makanan laut yang lainnya, adapun, vitamin B12 adalah juga zat yang berperan dalam proses pembentukan sel-sel darah merah. 

Dengan asupan yang sesuai, maka tubuh dapat terhindar dari penyakit anemia. Selain dapat membantu pembentukan darah, vitamin B12 ternyata juga dapat menjaga kesehatan sistem saraf.

BACA JUGA:Menjaga Jantung hingga Menangkal Efek Radikal Bebas, Ini 7 Manfaat Pisang Kepok untuk Kesehatan

2. Mencerdaskan otak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: