BANNER KPU
HONDA

Peringatan Dini Cuaca 3 Harian, Sejumlah Wilayah Bengkulu Diguyur Hujan

Peringatan Dini Cuaca 3 Harian, Sejumlah Wilayah Bengkulu Diguyur Hujan

Peringatan Dini Cuaca 3 Harian, Sejumlah Wilayah Bengkulu Diguyur Hujan--Bing.com/febi/Rakyatbengkulu.com

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) resmi merilis peringatan dini cuaca untuk wilayah Bengkulu selama tiga hari kedepan yakni tanggal 15 Juni hingga 17 Juni 2024.

Dalam peringatakn dini yang diterbitkan BMKG tersebut cuaca di Bengkulu berpotensi akan terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang berdurasi singkat.

Potensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir ini disebabkan karena adanya pertemuan angin (kovergensi) serta perlambatan kecepatan angin.

Kondisi ini juga terjadi karena kelembapan udara yang cukup basah di lapisan bawah hingga atas, serta labilitas udara yang cukup tinggi menyebabkan adanya potensi pembentukan awan hujan di sebagian wilayah Bengkulu.

BACA JUGA:BMKG Peringatkan Potensi Hujan Sedang hingga Lebat di Beberapa Wilayah Indonesia, Termasuk Bengkulu

BACA JUGA:BMKG Sebut Suhu Panas di Bengkulu Dipicu Penguapan Tinggi, Peralihan Cuaca Diprediksi Juli

Kondisi cuaca seperti ini akan terjadi di sejumlah wilayah. Yakni di pada 15 Juni 2024 hujan diprakirakan akan menguyur sejumlah daerah di Mukomuko, Bengkulu Utara, Lebong, Bengkulu Tengah, Kota Bengkulu, Seluma dan Kaur.

Hal tersebut juga akan terjadi pada hari berikutnya di sebagian wilayah Mukomuko, Bengkulu Utara, Lebong, Bengkulu Tengah, Kota Bengkulu, Seluma, Bengkulu Selatan hingga Kaur.

BACA JUGA:Waspada! BMKG Prediksi Hujan Disertai Petir Terjadi di Bengkulu Kamis Siang

Untuk di Kota Bengkulu,  potensi hujan ringan hingga lebat akan terjadi di wilayah Ganding Cempaka, Kampung Melayu, Selebar, Singaran Pati hingga Teluk Segara, namun kondisi ini terjadi diperkirakan pada malam hari.

Berbeda untuk Kabupaten Bengkulu Tengah, hujan diperkirakan akan terjadi sejak siang hari yang meliputi wilayah Bang Haji, Karang Tinggi, Merigi Kelindang, Merigi Sakti hingga ke Pondok Kubang dan Taba Penanjung.

BACA JUGA:Info Terupdate Rilis BMKG: Hati-Hati Hujan Lebat Disertai Petir 3 Hari Kedepan

BACA JUGA:Waspada! BMKG Prediksi Hujan Disertai Petir Terjadi di Bengkulu Kamis Siang

BMKG juga mengingatkan untuk waspada terhadap potensi bencana Hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, angin kencang dan lain-lain, akibat hujan lebat yang terjadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: