HONDA

Cara Mengoperasikan Mobil Matic di Tanjakan agar Transmisinya Awet

Cara Mengoperasikan Mobil Matic di Tanjakan agar Transmisinya Awet

Ilustrasi Transmisi Matic, Pengemudi Mobil Matic Harus Memahami Cara Mengoperasikan Mobil Matic di Tanjakan agar Transmisinya Awet--FOTO : TANGKAPAN GAMBAR DI PIXABAY

Beberapa mobil transmisi matic-nya hanya 4-percepatan saja, 6-percepatan, 7-percepatan, dan bahkan mungkin ada yang lebih dari itu.  

BACA JUGA:Meningkatkan Nilai Jual: 7 Cara Membersihkan Plafon Mobil dengan Tepat dan Efektif

BACA JUGA:Simak Penjelasan Ini ! Kenapa Ban Mobil Pecah Kebanyakan dari Dinding Ban

Pada intinya, pengemudi wajib memahami berapa pun jumlah percepatan yang dimiliki, saat berada di tanjakan tetap disarankan pindahkan posisi giginya ke rasio gigi rendah. 

Kode untuk gigi rendah ini memang berbeda-beda di beberapa mobil, ada yang tertulis L, L2, D1, D2, dan sebagainya. 

Pengemudi pun silakan memilih gigi mana yang sesuai untuk jalan menanjak yang dilalui. 

Terpenting sekali, pengemudi jangan pernah panik saat berada di tanjakan hingga berkendara tetap aman dan nyaman.

BACA JUGA:Cara Mudah Merawat Dinding Ban Mobil hingga Awet, Juga Mampu Mengindari Retak Rambut

BACA JUGA:Catat ! Efek Kerusakan Parah dari Pemakaian Semir Ban Mobil untuk Jangka Panjang

Pengemudi juga diingatkan agar tidak memaksa mesin terus di putaran tinggi.  

Apabila sebelumnya posisi gigi di D, maka sebaiknya ambil ancang-ancang dari bawah tanpa injak rem. 

Apabila mobil pun butuh torsi, pengemudi bisa lepas pedal gas dan langsung pindahkan transmisi ke gigi bawah secara bertahap, yakni D1 atau L.

Apabila transmisi memang sudah di gigi yang dikehendaki, silakan injak pedal gas lagi agar saat menanjak langsung mendapatkan power. 

BACA JUGA:Ini ! 4 Perbedaan Timing Belt dan Fan Belt pada Mobil, Berikut Waktu Ideal Mengganti Keduanya

BACA JUGA:Filter Udara Mobil Kotor Jangan Diabaikan ! Ini Efeknya bagi Kendaraan Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: