HONDA

Kemplang Makanan Khas Palembang Bercita Rasa Unik, Cocok Jadi Oleh-oleh

Kemplang Makanan Khas Palembang Bercita Rasa Unik, Cocok Jadi Oleh-oleh

Kemplang Makanan Khas Palembang Bercita Rasa Unik, Cocok Jadi Oleh-oleh--Instagram/plgfoodies

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM  - Kemplang merupakan makanan khas daerah Palembang atau Sumatera Selatan. makanan ini memiliki cita rasa yang unik, cocok sekali untuk sebagai oleh-oleh.

Kemplang sendiri merupakan jenis kerupuk yang dibakar, maka dari itu masyarakat daerah Sumatera Selatan atau Palembang sering menyebutnya dengan nama kemplang.

Uniknya kemplang ini bercita rasa campuran tapioka dan ikan giling, makanya terkadang cita rasa yang ditimbulkan sangat kuat. Belum lagi ditambah berbagai sambal yang membuat kemplang semakin menarik untuk disajikan.

Banyak sekali macam jenis-jenis kemplang di Palembang tersebut, sebab merupakan makanan khasnya. Biasanya orang penduduk asli Palembang mau makan kemplang ini bersama dengan cuko.

BACA JUGA:Kebakaran! Ditinggal Pemilik Liburan ke Batam, Rumah dan Bedengan 5 Pintu di Kandang Limun Ludes

Ada juga yang memang pasangannya berupa sambal yang kental yang bercita rasa manis dan asam atau sambal encer yang bercita rasa gurih dan pedas.

Tapi kebanyakan dari orang Palembang sendiri memakan kemplang dengan cuko bak makan pempek, itu akan terasa lebih nikmat. Kemplang biasanya proses pemasakannya berbeda dengan yang lain.

Biasanya kerupuk-kerupuk dilakukan proses dengan cara digoreng, kalau kemplang dengan cara dibakar hingga dia mekar membentuk kerupuk yang renyah dan terasa sekali ikannya.

Berikut ini jenis-jenis kemplang yang merupakan makanan khas dari Palembang yang dapat menjadi oleh-oleh bercita rasa unik:

BACA JUGA:Apa Manfaat Besar Kakao untuk Kesehatan Tubuh? Berikut Penjelasannya

1. Kemplang Batok Bakar

Salah satunya adalah kemplang batok bakar di mana kemplang ini lebih besar-besar dibandingkan kemplang yang lainnya dan juga lebih tebal maka dari itu dikatakan kemplang batok.

Biasanya ada cocolan seperti sambal yang berasa manis pedas dan gurih serta kental dalam penyajiannya untuk dimakan bersama kemplang batok bakar ini.

Ini merupakan variasi yang sangat dapat anda nikmati bersama keluarga karena rasanya yang unik dan juga terasa sekali ikannya ini wajib menjadi oleh-oleh Ketika pulang dari Palembang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: