BANNER KPU
HONDA

Hati-hati Kejahatan di Festival Tabut, Begini Tips agar Tidak Menjadi Korban Copet

Hati-hati Kejahatan di Festival Tabut, Begini Tips agar Tidak Menjadi Korban Copet

Hati-hati Kejahatan di Festival Tabut, Begini Tips agar Tidak Menjadi Korban Copet--Instagram/disparprovbengkulu

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM  - Festival Tabut merupakan salah satu keramaian dan pagelaran kebudayaan yang dilakukan setiap tahun oleh Provinsi Bengkulu dan masyarakat keturunan sakral Tabut.

Beberapa tahun belakangan ini festival Tabut seringkali dilaksanakan di Lapangan Merdeka di depan Polresta Bengkulu.

Hati-hati kejahatan di festival tabut, begini tips agar tidak menjadi korban pencopetan.

Aksi nekat dari para pelaku untuk melakukan berbagai kejahatan tidak memandang bulu.

Mereka tidak segan-segan melakukan aksi kejahatan seperti pencopetan ataupun aksi asusila kepada para pengunjung yang berdesak-desakan saat menghadiri atau memeriahkan festival tabut ini.

BACA JUGA:Tertangkap Basah Maling Handphone oleh Korban, Residivis Kasus Pencurian Kembali Ditangkap Polisi

Banyak sekali modus yang dilakukan oleh para copet ini yang tidak diketahui sampai detik ini berasal dari mana, yang pastinya mereka sudah terkoordinir dan memiliki kelompok kerja dalam menjalankan aksinya.

Berikut ini tips yang dapat anda lakukan agar terhindar dari kejahatan yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab tersebut agar anda tidak menjadi korbannya.

Pencopetan ini dapat anda cegah dengan meningkatkan kesadaran diri dari terlebih dahulu karena terkadang ketika mendapatkan aksi kejahatan tidak terasa sedang berada menjadi korbannya.

Adapun tips pertama yang dapat anda lakukan yaitu ketika menggunakan tas lebih baik anda menggunakan tas yang benar-benar safety dari segi kancing jangan sampai tas anda mudah sekali untuk dibuka.

BACA JUGA:5 Orang Luka Berat, Bus Sriwijaya dari Bengkulu Alami Lakalantas Tunggal di Pesisir Barat Lampung

Pilihlah tas yang menggunakan resleting, jangan pilih tas yang tidak memiliki resleting kemudian setelah itu tas anda ketika disandang lebih baik menghadap anda sendiri resletingnya.

Jangan biarkan tas anda menghadap ke depan resletingnya.

Pencopet akan lebih susah ketika tas yang ada pakai resletingnya menghadap ke badan Anda sendiri.

Untuk yang kedua Anda dapat melakukan tips untuk jangan pernah pergi sendiri ajaklah keluarga atau teman untuk saling menjaga yang pastinya jangan sampai pergi sendiri.

Ataupun ketika anda sedang pergi beramai-ramai jangan pernah untuk terpisah dari kelompok anda karena Pencopet atau pelaku Kejahatan akan memikirkan ulang ketika orang tersebut dalam lingkungan yang ramai.

BACA JUGA:Aneka Resep Bubur Nasi yang Enak dan Legendaris, Bisa Jadi Menu Sarapan hingga Makan Malam

Namun jika anda terpisah dan menyendiri maka mereka akan mudah sekali untuk mengerumuni anda sebagai mengalihkan pandangan saat temannya beraksi.

Untuk tips ketiganya yang dapat anda lakukan adalah jangan biarkan pikiran anda kosong karena pikiran yang kosong akan mudah sekali untuk para penjahat melakukan aksi kejahatannya.

Intinya Anda harus lebih bersikap waspada terhadap orang lain jangan sampai Anda terkecoh dan menjadi korban dari kejahatan yang dilakukan oleh sekelompok orang tersebut.

Mereka sangat mudah untuk mengelabui korbannya dalam melakukan aksi bejat mereka termasuk melakukan asusila maka dari itu anda lebih baik pergi bersama keluarga ataupun sahabat.

BACA JUGA:Aplikasi Penghasil Uang: Cara Mudah Dapat Uang dari Ponsel?

Hal ini menghindari berbagai aksi kejahatan yang dilakukan oleh sekelompok orang atau seseorang kepada diri anda hingga meminimalisir terjadinya kejahatan saat di dalam keramaian.

Tetap hati-hati saat berkunjung di festival tabut apalagi pada malam hari.

Karena pada saat itu banyak sekali pengunjung yang berdesak-desakan menjadi salah satu kesempatan yang besar untuk pelaku kejahatan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: