HONDA

Resep Cendol Tepung Beras Anti Gagal, Cocok Dinikmati saat Arisan Keluarga

Resep Cendol Tepung Beras Anti Gagal, Cocok Dinikmati saat Arisan Keluarga

Resep Cendol Tepung Beras Anti Gagal, Cocok Dinikmati saat Arisan Keluarga --Facebook/resep simbah

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM  - Begini resep cendol tepung beras anti gagal yang cocok sekali dinikmati saat arisan keluarga. Selain rasanya yang segar tentu akan sangat menggugah selera.

Terang saja cendol tepung beras ini menjadi sajian yang sangat menarik sekali untuk disajikan bersama keluarga anda dengan cita rasa yang manis membuat semua kalangan menyukainya.

Bukan hanya Oma dan Opa yang sangat suka dengan rasa cendol tepung beras ini namun juga anak-anak pasti menyukai minuman dengan sajian yang sangat menggiurkan tersebut.

Anda penasaran untuk membuat cendol tepung beras anti gagal ini? Simak artikel ini untuk mengetahui cara pembuatannya.

BACA JUGA:Penerimaan Pajak di Bengkulu Tembus Rp1,15 Triliun pada Semester Pertama 2024

Berikut ini bahan-bahan untuk pembuatan cendol tepung beras:

135 gram tepung beras

650 ml air

3 sdm tepung sagu

Pasta pandan secukupnya

Garam secukupnya

Es batu secukupnya

Bahan Sirup Gula Merah sebagai sajian penambah kenikmatan:

350 gram gula merah

2 lembar daun pandan, simpulkan

250 ml air

Bahan Santan:

BACA JUGA:Ramalan Kesulitan Finansial Shio Kerbau 2025: Tantangan dan Cara Bijak Mengelola Keuangan

1 bungkus santan instan (65 ml)

250 ml air

Garam secukupnya

1/2 sdt vanili

1 lembar daun pandan, simpulkan

Berikut ini tahapan dalam pembuatan cendol tepung beras:

Pertama yang Anda harus lakukan adalah masukan air, tepung beras, tepung sagu, pasta pandan dan garam ke dalam panci yang kemudian aduk hingga merata.

Setelah merata, masak menggunakan api kecil sembari diaduk sampai adonan mengental hingga dapat dibentuk untuk menjadi cendol yang kita inginkan.

BACA JUGA:Bukan Hanya Kurma, Ternyata Ini Makanan Kesukaan Rasulullah yang Kini Langka dan Hampir Punah

Untuk pembuatan cendol sendiri tuangkan adonan pada wadah yang berlubang kecil seperti saringan. Siapkan baskom berisi air dan es batu lalu tekan adonan pada wadah berlubang tepat di baskom air es. 

Cendol tepung beras Anda sudah siap untuk disisihkan. Jika sudah habis semua adonan dibentuk untuk menjadi cendol sebagaimana mestinya menggunakan lubang saringan tersebut.

Tahap selanjutnya Anda dapat  membuat sirup gula merah, campurkan daun pandan, gula merah dan air dalam panci. Rebus gula merah sampai mendidih dan agak mengental.

Setelah itu Anda dapat  membuat bahan santan, campurkan semua bahan santan dan rebus sampai mendidih. Lalu biarkan dingin ini sebagai bahan pelengkap menambah kegurihan cendol tepung beras.

BACA JUGA:Iwak Wadi, Makanan Khas Daerah Kalimantan yang Terbuat dari Fermentasi Ikan

Setelah itu Anda dapat menyiapkan gelas, masukkan sirup gula merah, cendol, santan dan es batu tambahkan sedikit air matang yang dapat anda sajikan untuk keluarga.

Sajian ini sangat cocok dinikmati saat arisan keluarga dengan pembuatan cendol dari tepung beras yang sangat nikmat ini. Selain rasanya yang segar, ini akan menjadi santapan yang sangat nikmat.

Selamat mencoba resep cendol tepung beras anti gagal ini yang dapat anda buat untuk sajian bersama keluarga khususnya pada saat arisan keluarga, dijamin anggota keluarga yang lain menjadi puas.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: