HONDA

Manfaat Sekam Padi Mentah Sebagai Media Tanam dan Langkah-langkah Mengolahnya

Manfaat Sekam Padi Mentah Sebagai Media Tanam dan Langkah-langkah Mengolahnya

Manfaat Sekam Padi Mentah Sebagai Media Tanam dan Langkah-langkah Mengolahnya--Instagram.com/ dianachandara08

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Media tanam sangatlah penting dalam pemeliharaan dan perawatan tanaman. Karena, Media tanam dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan tanaman supaya dapat tetap hidup dan tumbuh.

Salah satu media tanam yang dapat Anda gunakan untuk tanaman yaitu sekam padi. Sekam ialah kulit tanaman padi yang telah diambil butiran berasnya.

Sekam padi adalah hasil dari sampingan penggilingan padi, namun sering kali sekam padi dibuang karena dianggap limbah.

Sekam padi ternyata dapat dijadikan pupuk organik, hal tersebut dikarenakan sekam padi dapat menggemburkan media tanam dan jenis unsur kimia yang ada di dalamnya sehingga sangat baik untuk kesuburan tanah.

BACA JUGA:Perbedaan Mengolah Sekam Padi Biasa dan Sekam Padi Bakar, Wajib Tahu Bagi yang Suka Berkebun

Metode pemberian pupuk juga bisa diterapkan pada penyemaian biji, dimana campurkan media tanam dengan pupuk dari sekam padi dapat menjadi pupuk organik yang berguna baik untuk tanaman.

Berikut ini Rakyatbengkulu.com telah merangkum tentang manfaat dari sekam padi mentah dan langkah-langkah mengolah sekam padi mentah dengan benar.


Manfaat Sekam Padi Mentah Sebagai Media Tanam dan Langkah-langkah Mengolahnya--Instagram.com/ kebonsewon

Manfaat Sekam Padi Biasa atau Sekam Padi Mentah

- Meningkatkan Kesuburan Tanah

Sekam padi mengandung banyak bahan organik, serat, dan unsur hara yang diperlukan tanaman seperti kalium, fosfor, dan magnesium.

Ketika diuraikan oleh mikroorganisme tanah, sekam padi memperbaiki struktur tanah dan meningkatkan kapasitasnya untuk menyimpan air dan nutrisi.

- Pengendalian Penyakit Tanaman

Komponen kimia dalam sekam padi, seperti asam silikat, dapat membantu melawan penyakit tanaman tertentu dan meningkatkan ketahanan tanaman terhadap serangan hama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: