HONDA

Cara Mencegah dan Mengatasi Bunga Jantan pada Kelapa Sawit Tumbuh dengan Jumlah Berlebihan

Cara Mencegah dan Mengatasi Bunga Jantan pada Kelapa Sawit Tumbuh dengan Jumlah Berlebihan

Ini Tips untuk Mengatasi Tanaman Sawit Mandul --Instagram.com/ kvn_dvnda

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Banyaknya sekali keluhan dari petani, dimana tanaman kelapa sawit muncul buah jantan yang berlebihan.

Perlu untuk Anda ketahui bersama, buah yang dihasilkan oleh tanaman kelapa sawit adalah suatu proses polinasi antara bunga jantan dan bunga betina.

Secara prinsip dalam tanaman kelapa sawit adalah penyerbukan serumah dimana bunga jantan dan bunga betina dapat tumbuh secara terpisah didalam satu pohon.

Sehingga dapat terjadi polinasi atau penyerbukan secara alami dan bisa juga dilakukan dengan cara menggunakan serangga penyerbuk kelapa sawit atau (SPKS).

Yaitu berarti secara alamiah sawit dapat berbuah dengan sempurna baik itu melalui proses polinasi alami yaitu angin dan SPKS maupun dari bantuan manusia.

BACA JUGA:Tinjau Potensi Kelautan dan Hutan Mangrove Pulau Baai Bengkulu, Tim MIT Korea Selatan Bakal Lakukan Riset

BACA JUGA:Pemprov Bengkulu Gelar Pasar Murah di 9 Lokasi untuk Tekan Inflasi

Nah, kali ini Rakyatbengkulu.com telah merangkum dari berbagai sumber tentang cara mencegah dan mengatasi bunga kelapa sawit jantan muncul berlebihan.

Cara Mencegah Bunga Jantan Kelapa Sawit Berlebihan

1. Pemilihan Benih atau Bibit

- Pilih Benih Terpercaya: Gunakan benih atau bibit dari sumber yang terpercaya yang telah terbukti menghasilkan sawit betina. Pilih varietas yang dikenal dengan hasil betina yang tinggi.

2. Identifikasi dan Seleksi Bibit

- Uji Kualitas Bibit: Lakukan pemeriksaan atau uji kualitas bibit sebelum menanam untuk memastikan bahwa benih yang digunakan adalah betina dan sesuai dengan standar produksi.

- Pilih Bibit Berkualitas: Pilih bibit dari pembibitan yang memiliki reputasi baik dalam menyediakan bibit kelapa sawit betina berkualitas tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: