HONDA

Bupati Rejang Lebong Hadiri HUT Desa Baru Manis Kecamatan Bermani Ulu dan Sedekah Bumi

Bupati Rejang Lebong Hadiri HUT Desa Baru Manis Kecamatan Bermani Ulu dan Sedekah Bumi

Bupati Kabupaten Rejang Lebong Drs. H. Syamsul Effendi, MM menyampaikan kata sambutan saat acara sedekah bumi dan HUT Desa Baru Manis Kecamatan Bermani Ulu.--badri/rakyatbengkulu.com

REJANG LEBONG, RAKYATBENGKULU.COM - Bupati Kabupaten Rejang Lebong, Drs. H. Syamsul Efendi, MM, Senin, 5 Agustus 2024 menghadiri Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Desa Baru Manis Kecamatan Bermani Ulu ke 97 dilanjutkan dengan sedekah bumi.

Pada momen tersebut, Bupati Syamsul Efendi mengharapkan, dengan dilaksanakan sedekah bumi, dapat memberikan kemakmuran dan kesejahteraan seluruh masyarakat Desa Baru Manis.

"Sedekah bumi ini identik dengan rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa, atas kelimpahan hasil panen yang dirasakan masyarakat. Dengan cara sedekah, doa bersama hingga makan bersama, mampu memupuk rasa silaturahmi antar penduduk desa," terang Bupati Syamsul Efendi.


Kepala Desa (Kades) Desa Baru Manis Kecamatan Bermani Ulu menyampaikan Kata Sambutan acara Sedekah Bumi dan HUT desa di depan ratusan masyarakatnya.--badri/rakyatbengkulu.com

Selain itu, sambung Bupati Syamsul Efendi, di usia 97 tahun, artinya umur desa ini sudah nyaris mencapai 1 abad.

Tentunya banyak tantangan yang dihadapi, namun Desa Baru Manis tetap bisa berkembang dengan baik.

"Di usia 97 tahun ini, perlu disyukuri dan rasa terima kasih kepada sesepuh yang telah mendirikan desa yang kita cintai ini. Mudah-mudahan melalui sedekah bumi ini, Allah SWT memberikan rahmat-Nya dan barang siapa yang bersyukur atas nikmat-Nya, niscaya Allah akan menambahnya," kata Bupati Syamsul Efendi.


Bupati Syamsul Efendi bersama perangkat desa dan warga Desa Baru Manis menikmati makan bersama pada acara Sedekah Bumi dan HUT Desa--badri/rakyatbengkulu.com

Orang nomor satu dilingkup Pemkab Rejang Lebong Provinsi Bengkulu itu juga menjelaskan dengan dilaksanakan sedekah bumi, dapat membawa keberkahan untuk seluruh masyarakat.

"Semoga seluruh masyarakat tidak hanya Desa Baru Manis tetapi seluruh warga Kabupaten Rejang Lebong  diberikan kesehatan dan bisa bekerja dengan baik," kata Bupati Syamsul Efendi.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Baru Manis, Sofian Effendi mengatakan, tradisi sedekah bumi sekaligus memperingati hari ulang tahun desa dilakukan setiap tahunnya pada bulan Muharam dan dilanjutkan dengan hiburan wayang kulit semalam suntuk.


Bupati Syamsul Efendi didampingi Camat Bermani Ulu, Drs. Hantoni, M.SI dan Kades Desa Baru Manis Sofian Effendi saat dibincangi rakyatbengkulu.com--badri/rakyatbengkulu.com

"Tiap tahun kita menggelar sedekah bumi dan HUT Desa Baru Manis, sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT kepada masyarakat desa kami ini," kata Kades Baru Manis.

Sedangkan untuk biaya, sambung Kades, dusun 3 hingga dusun 6 Desa Baru Manis dikumpulkan secara swadaya masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: