HONDA

5 Faktor Penyebab Pucuk Busuk pada Tanaman Kelapa Sawit, Ketahui Juga Cara Pengendaliannya di Sini

5 Faktor Penyebab Pucuk Busuk pada Tanaman Kelapa Sawit, Ketahui Juga Cara Pengendaliannya di Sini

5 Faktor Penyebab Pucuk Busuk pada Tanaman Kelapa Sawit, Ketahui Juga Cara Pengendaliannya di Sini--Instagram.com/ gokomodo.indonesia

RAKYATBENGKULU.COM - Penyakit pucuk busuk pada tanaman kelapa sawit sering juga disebut sebagai pucuk busuk atau bud rot. Pada umumnya penyakit ini disebabkan oleh infeksi jamur.

Penyebab utamanya adalah patogen jamur, dengan spesies yang sering terkait adalah Phytophthora palmivora dan Pythium spp.

Penyakit ini dapat menyebabkan kerusakan yang serius pada tanaman kelapa sawit, terutama pada bagian pucuk atau daun yang muda.

Berikut adalah beberapa informasi penting tentang penyebab dan faktor yang mempengaruhi penyakit pucuk busuk pada tanaman kelapa sawit.

BACA JUGA:Aura Paling Kuat! Simak Ramalan Shio Terbaru di Tahun Ular Kayu, Tahun 2025 Nanti

BACA JUGA:Energi Shio Terkuat di Tahun Ular Kayu 2025: Siap Menarik Keberuntungan!

Penyebab Utama Penyakit Pucuk Busuk pada Tanaman Kelapa Sawit

1. Jamur Phytophthora palmivora

- Phytophthora palmivora adalah salah satu penyebab utama penyakit pucuk busuk pada kelapa sawit. Jamur ini dapat menginfeksi tanaman melalui air atau tanah yang terkontaminasi.

Infeksi jamur ini menyebabkan pembusukan pada pucuk dan daun muda, serta menurunkan pertumbuhan tanaman.


5 Faktor Penyebab Pucuk Busuk pada Tanaman Kelapa Sawit, Ketahui Juga Cara Pengendaliannya di Sini--Instagram.com/ doktersawit

2. Jamur Pythium spp

- Jamur dari genus Pythium juga dapat menyebabkan pucuk busuk. Jamur ini biasanya berkembang dalam kondisi lembap dan dapat menginfeksi akar serta bagian pucuk tanaman.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: