HONDA

8 Cara Efektif Membersihkan Buah dan Sayur dari Pestisida

8 Cara Efektif Membersihkan Buah dan Sayur dari Pestisida

8 Cara Efektif Membersihkah Buah dan Sayur Dari Pestisida--Instagram.com/ maspionplastic

RAKYATBENGKULU.COM - Membersihkan buah dan sayur dari pestisida adalah langkah penting untuk menghilangkan sisa-sisa pestisida dan bahan kimia lain yang mungkin menempel pada permukaan produk segar sebelum dikonsumsi.

Pestisida, yang digunakan dalam pertanian untuk mengendalikan hama, penyakit, dan gulma, memang dapat meningkatkan hasil panen dan kualitas produk.

Namun, sisa-sisa pestisida pada makanan dapat berdampak negatif terhadap kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.

Berikut beberapa cara efektif yang telah dirangkum oleh Rakyatbengkulu.com dari berbagai sumber untuk membersihkan buah dan sayur dari pestisida:

BACA JUGA:Rejang Lebong Zona Merah Megathrus, BPBD: Masyarakat Jangan Panik, Namun Tetap Waspada

BACA JUGA:30 Anggota DPRD Kabupaten Rejang Lebong Dilantik 26 Agustus, Ini Daftar Lengkapnya

1. Cuci dengan Air Mengalir

Bilas buah dan sayur di bawah air mengalir dari keran. Untuk buah dan sayur yang memiliki permukaan kasar, seperti kentang dan wortel, gunakan sikat lembut.

Air mengalir membantu menghilangkan kotoran dan beberapa residu pestisida yang larut dalam air, sementara sikat membantu membersihkan permukaan yang lebih kasar.

2. Rendam dalam Campuran Cuka dan Air

Campurkan 1 bagian cuka putih dengan 3 bagian air. Rendam buah dan sayur dalam campuran ini selama 5-10 menit, lalu bilas dengan air bersih.

BACA JUGA:5 Manfaat Wedang Jahe Bagi Kesehatan dan Menjaga Daya Tahan Tubuh

BACA JUGA:dr Zaidul Akbar Sarankan Rebus 2 Bahan Ini, Cara Efektif Atasi Batuk Pada Anak

Cuka memiliki sifat asam yang dapat membantu mengurangi residu pestisida dan membunuh beberapa mikroorganisme, meskipun tidak sepenuhnya menghilangkan semua sisa pestisida.

3. Gunakan Baking Soda

Larutkan 1 sendok teh baking soda dalam 2 gelas air. Rendam buah dan sayur dalam larutan ini selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Baking soda dapat membantu menghilangkan sisa-sisa pestisida yang mungkin menempel pada kulit buah dan sayur. Ini juga efektif dalam menghilangkan kotoran.

BACA JUGA:Ketahui Efek Minum Kopi Susu Berlebihan bagi Kesehatan, Naikkan Kolesterol Jahat

BACA JUGA:Berdampak pada Kesehatan, Ini 5 Waktu yang Dilarang untuk Minum Kopi

4. Sikat Permukaan Kasar

Gunakan sikat lembut untuk membersihkan permukaan buah dan sayur yang kasar, seperti kentang, wortel, atau labu. Sikat membantu mengangkat kotoran dan residu pestisida dari permukaan yang tidak dapat dijangkau hanya dengan mencuci.

5. Kupas Kulitnya

Kupas kulit buah dan sayur jika memungkinkan, terutama untuk jenis yang tidak dapat dibersihkan secara menyeluruh.

Dengan cara mengupas kulit dan menghilangkan lapisan luar tempat residu pestisida mungkin menempel dapat mengurangi paparan.

6. Blanching (Pemanasan Singkat)

Rebus buah atau sayur dalam air mendidih selama 1-2 menit, lalu pindahkan segera ke air es.

Blanching dapat membantu mengurangi sisa pestisida dan membunuh bakteri, tetapi tidak sepenuhnya menghilangkan semua residu.

7. Gunakan Produk Pembersih Khusus

Gunakan produk pembersih buah dan sayur yang dirancang khusus, mengikuti petunjuk pada label, dimana produk tersebut dirancang untuk mengatasi pestisida dan kotoran dengan formulasi khusus yang lebih efektif dibandingkan air biasa.

BACA JUGA:10 Manfaat Jogging Sore untuk Kesehatan, Termasuk Memperkuat Otot dan Tulang

BACA JUGA:Manfaat Kesehatan Astaxanthin, Dianggap Sebagai Salah Satu Antioksidan Paling Kuat di Dunia

8. Periksa Label dan Sumber

Pilih buah dan sayur organik jika memungkinkan, karena mereka umumnya menggunakan lebih sedikit pestisida. Periksa label untuk informasi tentang penggunaan pestisida.

Mengonsumsi produk organik dapat mengurangi paparan terhadap pestisida, meskipun tetap penting untuk mencuci produk tersebut.

Menggunakan kombinasi dari metode-metode ini dapat meningkatkan efektivitas pembersihan dan membantu menjaga kesehatan Anda.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: