HONDA

Pemprov Bengkulu Tingkatkan Dukungan Pendidikan dan Kesehatan untuk Pembangunan Desa

Pemprov Bengkulu Tingkatkan Dukungan Pendidikan dan Kesehatan untuk Pembangunan Desa

Pemprov Bengkulu Tingkatkan Dukungan Pendidikan dan Kesehatan untuk Pembangunan Desa--MCpemprovBengkulu/Rakyatbengkulu.com

BENGKULU, RAKYAT BENGKULU.COM - Pemerintah Provinsi Bengkulu (Pemprov) berkomitmen memberikan dukungan berkelanjutan dalam bidang pendidikan dan kesehatan, khususnya bagi perangkat desa dan masyarakat.

Langkah ini bertujuan untuk menciptakan desa yang kondusif dan produktif, dengan masyarakat yang memiliki pola pikir progresif, mandiri secara ekonomi, dan menikmati kesejahteraan yang merata.

Hal ini disampaikan Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, saat acara silaturahmi dan pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Desa Bersatu Provinsi Bengkulu Masa Bhakti 2024-2029 di Balai Raya Semarak, Sabtu 24 Agustus 2024.

"Dalam mendukung kepala desa, khususnya di bidang pendidikan, sejak tahun lalu kami telah memberikan beasiswa kepada 100 perangkat desa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S1. Program ini bekerja sama dengan Universitas Terbuka dan didanai sepenuhnya oleh pemerintah daerah," ujar Rohidin.

BACA JUGA:Ikuti Jejak Batu Ampar, 2 Desa di Rejang Lebong Siap Menjadi Desa Kopi Tangguh Iklim

BACA JUGA:Resep Spaghetti Oriental ala Chef Devina Hermawan dengan Cita Rasa Manis dan Gurih

Program beasiswa ini bertujuan mempercepat pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan kapasitas sumber daya manusia, terutama kepala desa dan perangkat desa.

Di bidang kesehatan, Pemprov Bengkulu berkomitmen memastikan seluruh warga Bengkulu dapat mengakses layanan kesehatan tanpa hambatan melalui Universal Health Coverage (UHC).

"Semua masyarakat, termasuk yang belum terdaftar atau memiliki masalah dengan status keanggotaannya, kini dijamin mendapatkan layanan kesehatan secara gratis, karena sudah diakomodir oleh Pemprov," tegas Rohidin di hadapan unsur Forkopimda, kepala desa, dan seluruh peserta yang hadir.

Rohidin juga menyambut baik kehadiran organisasi Desa Bersatu sebagai wadah komunikasi yang terstruktur dengan pemerintah.

BACA JUGA:Pinjam Rp230 Juta – Rp250 Juta Tenor 5 Tahun, Simak Besaran Angsuran KUR di Bank Bengkulu

BACA JUGA:Bisa KUR Pinjam Rp200 Juta – Rp220 Juta Selama 5 Tahun, Simak di Sini Jumlah Angsurannya

Tahun depan, alokasi dana desa dari APBN akan meningkat sekitar 30-40 persen dari alokasi sebelumnya.

"Informasi yang saya terima dari pusat, alokasi dana desa nanti hampir dua kali lipat. Ini adalah hasil dari perjuangan Bapak-Ibu perangkat desa yang didukung oleh pemerintah. Harapan saya, mari kita persiapkan SDM yang unggul dengan regulasi yang tepat, sehingga benar-benar bisa membangun desa," pungkas Rohidin.

Dalam acara tersebut, Diarwin Komena dilantik sebagai Ketua DPD Desa Bersatu Bengkulu.

Pelantikan Diarwin dan jajaran pengurus dilakukan oleh Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Desa Bersatu, Muhammad Asri Anas.

BACA JUGA:Tulang Belulang Terbungkus Kain Putih yang Ditemukan Warga Lebong Dipastikan Kerangka Manusia

BACA JUGA:25 Anggota DPRD Kabupaten Kepahiang Resmi Dilantik, Didominasi Wajah Baru

Anas menyatakan bahwa pelantikan pengurus Desa Bersatu masa bakti 2024-2029 menandai komitmen dalam mengawal kebijakan pembangunan desa secara nasional.

"Desa Bersatu adalah wadah yang menaungi delapan organisasi desa nasional, dengan semangat perjuangan yang sama," kata Anas.

Organisasi ini diharapkan mampu berinovasi dan berkontribusi dalam pelaksanaan pemerintahan desa, pembangunan desa, dan pemberdayaan masyarakat, dengan tujuan mewujudkan desa yang maju, mandiri, dan sejahtera melalui penyelarasan program-program nasional, provinsi, dan kabupaten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: