HONDA

Pemda di Bengkulu Diimbau Segera Manfaatkan APBN untuk Kendalikan Inflasi

Pemda di Bengkulu Diimbau Segera Manfaatkan APBN untuk Kendalikan Inflasi

Pemda di Bengkulu Diimbau Segera Manfaatkan APBN untuk Kendalikan Inflasi--Foto Antaranews.com

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Pemerintah daerah (Pemda) di Bengkulu diimbau untuk segera memanfaatkan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) guna menekan inflasi melalui kebijakan fiskal.

Imbauan ini disampaikan oleh Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb), mengingat realisasi pemanfaatan belanja negara di Bengkulu hingga awal Agustus 2024 baru mencapai Rp9,62 triliun dari total alokasi Rp16,44 triliun yang disediakan pemerintah.

"Kami meminta seluruh satuan kerja di Bengkulu untuk memanfaatkan dana belanja APBN dalam rangka mengendalikan inflasi dari sektor kebijakan fiskal," kata Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) DJPb Bengkulu, Bayu Andy Prasetya dikutip dari antaranews.com.

Ia menambahkan bahwa pemanfaatan belanja negara ini penting untuk membantu pemerintah dalam mengendalikan inflasi dan mendorong pertumbuhan ekonomi di Bengkulu.

BACA JUGA:Pasangan Zurdi Nata-Abdul Hafizh Makin Dekat ke Pilkada Kepahiang 2024 dengan Dukungan Empat Parpol

BACA JUGA:Pemprov Bengkulu Tingkatkan Dukungan Pendidikan dan Kesehatan untuk Pembangunan Desa

Mengingat bahwa anggaran transfer ke daerah dari pemerintah pusat mencapai lebih dari 75 persen dari pendapatan daerah, penggunaan APBN menjadi sangat krusial bagi perekonomian Provinsi Bengkulu.

Lebih lanjut ia juga menjelaskan bahwa realisasi belanja negara di Bengkulu terbagi dalam dua kategori, yakni belanja pemerintah pusat dan transfer ke daerah serta dana desa (TKDD).

Selain digunakan untuk membayar belanja daerah, anggaran ini juga dapat dimanfaatkan untuk pembangunan infrastruktur dan mendukung perekonomian masyarakat.

Hingga saat ini, realisasi penggunaan anggaran belanja negara di Bengkulu terdiri dari belanja pemerintah pusat sebesar Rp3,02 triliun dari APBN perubahan sebesar Rp5,58 triliun, yang mencakup belanja pegawai sebesar Rp1,40 triliun dari pagu Rp1,92 triliun.

BACA JUGA:Resep Spaghetti Oriental ala Chef Devina Hermawan dengan Cita Rasa Manis dan Gurih

BACA JUGA:Simak di Sini Simulasi Pinjaman KUR Rp170 Juta – Rp190 Juta di Bank Bengkulu

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: