HONDA

IDC 2024: Media Sedang Tidak Baik, Dewan Pers Minta Belanja Iklan Pemerintah Difokuskan ke Media Massa

IDC 2024: Media Sedang Tidak Baik, Dewan Pers Minta Belanja Iklan Pemerintah Difokuskan ke Media Massa

Dewan Pers minta belanja iklan pemerintah difokuskan ke media massa lantaran saat ini media sedang tidak baik-baik saja.--dokumen/rakyatbengkulu.com

"Perpres ini sebagai kebijakan afirmatif dan komitmen pemerintah dalam menciptakan fair play bagi pelaku industri nasional dari perspektif bisnis. Menciptakan hubungan yang adil dan memastikan media tidak tergerus disrupsi digital," ujarnya.

Disrupsi digital yang terjadi 10-15 tahun terakhir mengubah secara mendasar industri pers di semua belahan dunia. Distribusi berita kini berada di tangan perusahaan platform digital global seperti Google, Meta, X maupun Tiktok.

BACA JUGA:Apakah Boleh Mengambil Bibit Kelapa Sawit yang Tumbuh dari Pohon Sawit Unggul? Simak Ulasannya!

BACA JUGA:5 Jenis Bibit Sawit Terbaik di Indonesia, Beserta Keunggulan dan Kelemahannya

Laporan Reuters Institute for the Study of Journalism pada Januari 2024 lalu menemukan bahwa jumlah pengunjung situs berita menurun drastis ketika traffic dari media sosial anjlok signifikan. 

Disrupsi juga mengubah pola masyarakat mengkonsumsi informasi. Audiens kini punya banyak pilihan sumber informasi di internet.

Ekosistem informasi digital dibanjiri dengan konten tentang apa saja, dengan kualitas seadanya. Media yang hanya menayangkan berita tanpa memahami karakter platform digital dan audiens internet, berisiko kehilangan pembaca dan pendapatan.  

IDC 2024 yang berlangsung selama dua hari, 28-29 Agustus 2024,i ditandai dengan kehadiran rangkaian kegiatan “Road to IDC 2024” serta “Masterclass”.

BACA JUGA:Awas Menyesal! Jangan Lakukan Jika Kamu Tidak Mau Gagal Saat Seleksi Administrasi CPNS

BACA JUGA:Ramalan dan Tips dalam Menghadapi Cobaan Keluarga Shio Ular di Tahun Ular Kayu 2025!

“Road to IDC 2024” merupakan diskusi terbuka dan tertutup yang digelar AMSI sebagai pemanasan menuju ajang utama yaitu IDC 2024.

Sementara “Masterclass” digelar untuk memberikan pembelajaran kelas mahir bagi pelaku-pelaku media profesional untuk terus meningkatkan kapasitasnya. Kegiatan akan ditutup dengan penganugerahan AMSI Awards 2024.

Program IDC dan AMSI Awards adalah bagian dari kerjasama AMSI dengan Internews dan USAID MEDIA untuk membangun keberlanjutan bisnis media di Indonesia.

AMSI juga menggandeng IDA dalam perhelatan ini. IDC dan AMSI Awards juga mendapatkan dukungan dari PT Astra International Tbk, Google News Initiative, Dailymotion SA, PT Pertamina (Persero).

BACA JUGA:Setelah 25 Tahun yang Lalu, Nex Carlos Diajak Makan Mie Legendaris Oleh Ernest Prakarsa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: