HONDA

Penting! Ini Penyebab Psoriasis Kulit Kepala, Jangan Samakan dengan Ketombe

Penting! Ini Penyebab Psoriasis Kulit Kepala, Jangan Samakan dengan Ketombe

Jangan samakan dengan ketombe, ini penyebab psoriasis kulit kepala.--pexels.com

RAKYATBENGKULU.COM - Psoriasis kulit kepala adalah suatu penyakit autoimun kronis yang menyebabkan peradangan pada bagian kulit kepala.

Kondisi ini ditandai dengan munculnya bercak-bercak merah yang menebal, dan bersisik putih keperakan. Psoriasis kulit kepala ini dapat terjadi di bagian belakang kepala, telinga, leher, garis rambut, dan dahi.

Gatal pada bagian kulit kepala ini tidak selalu terjadi karena ketombe. Hal ini bisa memungkinkan adanya tanda penyakit psoriasis.

Adapun, psoriasis adalah kondisi peradangan kronis yang memengaruhi banyak sistem di seluruh bagian tubuh termasuk pada bagian kulit, sistem kekebalan, dan sistem muskuloskeletal.

BACA JUGA:Tips Menjadi Konten Kreator Bagi Pemula, Ini Skill yang Harus Dimiliki

BACA JUGA:15 Daftar Pendekatan Pertanyaan Interview Kerja, Serta Cara Menjawab

Bentuk psoriasis ini mirip seperti ketombe, yaitu munculnya kulit kering yang mengelupas dan juga terasa gatal.

Akan tetapi berbeda dengan ketombe, psoriasis ini merupakan suatu masalah kesehatan, dan umumnya menimbulkan bercak merah yang bersisik.

Ditulis dari laman Hindustan Times, Dokter Kulit dan Ahli Bedah Transplantasi Rambut di Klinik SkinQure di Saket, New Delhi, Dr. BL Jangid telah mengatakan psoriasis kulit kepala adalah gangguan peradangan autoimun di mana sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang sel-sel kulit yang sehat, hal ini menyebabkan perkembangbiakan sel kulit yang cepat.

"Produksi sel-sel kulit yang berlebihan ini mengakibatkan adanya bercak-bercak merah terasa gatal yang ditutupi sisik berwarna putih keperakan," katanya.

BACA JUGA:KPU Kaur Tegaskan Zona Larangan Pemasangan Baliho Pilkada, Paslon Diimbau Patuhi Aturan

BACA JUGA:Kuota Bantuan Warung Kecil Belum Terpenuhi, Disperindag Bengkulu Jemput Bola ke Kelurahan

"Di sisi lain, ketombe biasanya disebabkan oleh pertumbuhan jamur yang berlebihan atau reaksi terhadap produk perawatan rambut dan tidak disebabkan oleh masalah kekebalan tubuh," ungkapnya. 

Dr. BL Jangid menjelaskan menghilangkan psoriasis kulit kepala lebih rumit daripada menghilangkan ketombe biasa. Hal ini dikarenakan psoriasis kulit kepala juga memiliki komponen genetik yang kuat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: