HONDA

Pertamina Mendorong UMKM Berkontribusi pada Ekonomi Nasional, Promosikan Produk di Pasar Global

Pertamina Mendorong UMKM Berkontribusi pada Ekonomi Nasional, Promosikan Produk di Pasar Global

Promosikan produk di pasar global, Pertamina mendorong UMKM berkontribusi pada ekonomi nasional.--Humas PT Pertamina (Persero)

RAKYATBENGKULU.COM - PT Pertamina (Persero) berpartisipasi dalam pameran internasional The 21st China ASEAN Expo 2024 (CAEXPO 2024) di Nanning, Guangxi, China, untuk mempromosikan produk-produk unggulan UMKM binaan di pasar global.

Keikutsertaan Pertamina dalam pameran tersebut diharapkan menjadi langkah strategis memperkuat posisi produk lokal Indonesia di kancah internasional.

Pertamina memamerkan ratusan produk dari 13 UMKM binaan yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Produk-produk tersebut antara lain perhiasan hasil perpaduan dari mutiara, emas, dan perak, serta perhiasan etnik dengan desain dan kreasi budaya lokal.

BACA JUGA:Update Harga Pangan Nasional Hari Ini: Berbagai Komoditas Naik dan Turun, Berikut Daftar Lengkapnya

BACA JUGA:Syifa Hadju Boyong 4 Penghargaan Infotainment Award 2024, Salah Satunya Best Couple dengan El Rumi

"Untuk tampil di pameran tersebut, ratusan produk UMKM nasional ini tentunya telah melalui proses kurasi yang sangat ketat," sebut Fadjar Djoko Santoso, Vice President Corporate Communication Pertamina.

Partisipasi Pertamina di CAEXPO 2024 juga membuka peluang kerja sama baru dengan para pelaku usaha dari China dan negara-negara ASEAN lainnya.

"Selain mengikuti pameran ritel, UMKM binaan Pertamina juga mengikuti kegiatan business matching yang merupakan proses business-to-business (B2B) yang dapat membuka peluang kerja sama baru," jelas Fadjar.

Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Mardyana Listyowati merasa bangga dengan upaya yang dilakukan Pertamina.

BACA JUGA:Bagaimana Ramalan Shio Tahun 2025 Nanti? Temukan Shio-Sio yang Beruntung di Tahun Ular Kayu!

BACA JUGA:Dana Desa 2025 untuk Kabupaten di Provinsi Aceh Turun Rp61 Miliar: Berikut Rinciannya

"Setelah saya berkeliling melihat produk binaan Pertamina, saya bangga dengan Pertamina karena mendorong UMKM-nya untuk menjadi eksportir yang berdaya saing di luar negeri," ujarnya.

Pertamina juga diminta untuk tidak hanya membina UMKM yang sudah ada, tetapi turut membina UMKM baru dan mendorong mereka menjadi eksportir yang lebih baik lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: