HONDA

Ini Cara Sederhana untuk Mengetahui Keadaan Tanah Sebelum Bercocok Tanam

Ini Cara Sederhana untuk Mengetahui Keadaan Tanah Sebelum Bercocok Tanam

Sebelum bercocok tanam, ini cara sederhana untuk mengetahui keadaan tanah. --Facebook/wirausaha pertanian

RAKYATBENGKULU.COM - Berikut ini cara yang sederhana untuk mengetahui keadaan tanah sebelum bercocok tanam ternyata tanah tersebut bisa membuat tanaman tumbuh subur atau tidak.

Ini penting sekali untuk mengetahui keadaan tanah tersebut lantaran inilah hal yang paling inti untuk melakukan bercocok tanam sebelum melakukannya.

Tanah merupakan hal yang pertama yang harus diperhatikan untuk melakukan bercocok tanam karena pertumbuhan tanaman dan perkembangannya terletak dari kesuburan tanah.

Berikut ini cara yang sederhana untuk mengetahui keadaan tanah bisa membuat tanaman tumbuh subur atau tidak dikutip dari akun Facebook wirausaha pertanian :

BACA JUGA:Peralihan Musim Rentan Penyakit: Penuhi Asupan Nutrisi untuk Menghindari Penyakit Musim Pancaroba

BACA JUGA:Masa Kampanye Pilkada Serentak 2024 Dimulai, 14 Kecamatan Jadi Lokasi Kampanye

1. Amati warna tanah

Perlu mengamati warna tanah bisa coklat tua atau sedikit kehitaman biasanya dengan warna tersebut tanah menjadi lebih subur karena warna ini menandakan banyak sekali bahan organik yang terkandung di dalamnya.

Hingga bahan organik inilah yang membuat nutrisi pada tanah tersebut sangat baik sekali untuk perkembangan dan pertumbuhan dari tanaman ketika diaplikasikan pada tanah.

Jika coklat muda atau kemerahan berarti tanah tersebut dinyatakan kurang subur karena kandungan organik di dalamnya sedikit rendah namun jika warnanya abu-abu atau cenderung putih biasanya sangat miskin akan nutrisi.

Selain itu kurang baik untuk dilakukan Penanaman dengan menggunakan tanah dengan warna abu-abu dan cenderung putih tersebut karena tidak ada unsur terkandung di dalamnya.

BACA JUGA:YAICI dan PP Aisyiyah Edukasi Masyarakat Tentang Kental Manis Bukan Susu, Bahaya untuk Pertumbuhan Anak

BACA JUGA:Baru Terealisasi Rp 150 Juta, Ini Tarif Parkir di Rejang Lebong

2. Perhatikan tekstur tanah

Penting sekali untuk memperhatikan tekstur tanah ini dapat memperlihatkan tanah tersebut dapat tumbuh subur atau tidak jika tanah gembur biasanya teksturnya mudah digali.

Jika anda melakukan penusukan menggunakan jari tangan ke dalam tanah akan sangat terasa lembut dan mudah ini menyatakan bahwa tanah tersebut gembur dan subur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: