HONDA

8 Langkah Mudah Budidaya Melon Hijau bagi Pemula

8 Langkah Mudah Budidaya Melon Hijau bagi Pemula

Cocok bagi pemula, 8 langkah mudah budidaya melon hijau.--Instagram.com/ tanamanbuahnusantara

BACA JUGA:10 Strategi Efektif Mengendalikan Hama dan Penyakit dalam Budidaya Lobster Air Tawar

4. Penanaman

Buat lubang tanam dengan jarak sekitar 1-1,5 meter antar tanaman, kemudian pindahkan bibit yang sudah berumur 2-3 minggu ke lahan, tanam dengan hati-hati agar akar tidak rusak, lakukan penyiraman secara rutin, terutama pada awal penanaman.

5. Perawatan Tanaman

Pastikan tanah selalu lembab, terutama pada musim kemarau, kemudian berikan pupuk susulan setiap 2 minggu dengan pupuk NPK atau pupuk daun, cek tanaman secara berkala, gunakan pestisida organik jika diperlukan.

6. Penjarangan dan Penopangan

Jika satu lubang tanam terlalu padat, maka lakukan penjarangan untuk memberikan ruang tumbuh yang cukup, dan gunakan ajir atau jaring penopang untuk mendukung pertumbuhan tanaman melon, terutama saat buah mulai berkembang.

7. Pemanenan

Melon hijau siap panen pada saat kulitnya berubah warna sedikit dan mengeluarkan aroma yang khas, selanjutnya lakukan pengecekan secara rutin, unakan pisau tajam untuk memotong batang melon dengan hati-hati agar tidak merusak buah.

BACA JUGA:7 Manfaat dan Cara Efektif Menggunakan Daun Ketapang dalam Budidaya Ikan Patin

BACA JUGA:Ingin Sukses dalam Budidaya Itik? Berikut 5 Cara Memberi Makan Anak Itik Petelur agar Tumbuh Sehat

8. Pascapanen

Simpan melon di tempat yang sejuk dan kering, dan hindari tumpukan untuk mencegah kerusakan, jual melon segar ke pasar lokal, supermarket, atau toko buah.

Tips Tambahan

Lakukan rotasi tanaman setiap tahun demi untuk mencegah penumpukan hama dan penyakit, buat catatan tentang perkembangan tanaman untuk mengevaluasi hasil budidaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber