HONDA

Persiapkan SDM Unggul, RSUD Rejang Lebong Sekolahkan 2 Dokter Spesialis

Persiapkan SDM Unggul, RSUD Rejang Lebong Sekolahkan 2 Dokter Spesialis

Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Rejang Lebong siapkan dokter spesialis. --Badri/rakyatbengkulu.com

REJANG LEBONG, RAKYATBENGKULU.COM - Saat ini ada 2 orang dokter Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu yang menempuh pendidikan spesialis saraf dan penanganan stroke.
 
Hal ini dilakukan sebagai dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia (SDM) unggul agar mampu mengoperasikan peralatan bantuan hibah yang akan diterima rumah sakit daerah dari Bank Dunia melalui Kementerian Kesehatan dalam bentuk peralatan kesehatan dengan nilai mencapai Rp48 miliar.
 
Pelaksana Tugas Direktur RSUD Rejang Lebong Dhendi Novianto Saputra menuturkan, 2 dokter spesialis yang disekolahkan untuk mengambil sub spesialis.
 
Satu orang mengambil spesialis saraf dan satu lagi menempuh pendidikan penanganan stroke.
 
"Harapannya ke 2 dokter tersebut nantinya mampu mengoperasikan peralatan bantuan hibah yang akan diterima Rumah Sakit Daerah Kabupaten Rejang Lebong," terang Dhendi, Selasa, 1 Oktober 2024.
 
 
 
Disebutkan Dhendi, 2 dokter spesialis itu nantinya akan mengoperasikan peralatan cath lab, CT scan dan CT toksin. 
 
"Pasien yang terkena stroke, kanker dan gangguan saraf nantinya tidak lagi dirujuk ke luar kota karena sudah bisa ditangani di RSUD Rejang Lebong," kata Dhendi.
 
Sementara itu, pihaknya juga sudah menjalin kerja sama dengan sejumlah rumah sakit rujukan nasional di bawah naungan Kemenkes seperti Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (PON), RS Dharmais untuk penanganan kanker, RSJKO Bengkulu, dan RSJ Bogor.
 
"Untuk kedatangan bantuan alat kesehatan hibah Bank Dunia melalui Kemenkes ini diperkirakan pada Oktober ini atau November mendatang dan saat kita masih mempersiapkan ruangan untuk penempatan alat CT Scan, CT toksin, dan peralatan cath laboratorium, dengan pembiayaan dari BLUD RSUD Rejang Lebong lebih kurang Rp 1 miliar," demikian Dhendi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: