HONDA

Ratusan Rumah dan Jalan Raya Terendam Banjir di Semidang Alas Maras, Hujan Deras Sejak Kamis Malam

Ratusan Rumah dan Jalan Raya Terendam Banjir di Semidang Alas Maras, Hujan Deras Sejak Kamis Malam

Ratusan Rumah dan Jalan Raya Di SAM Terendam Banjir, Hujan Deras Sejak Kamis Malam--Dok/Rakyatbengkulu.com

SELUMA, RAKYATBENGKULU.COM – Bencana banjir melanda Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM), Kabupaten Seluma, akibat hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut sejak Kamis malam, 10 Oktober 2024.

Tidak hanya tanah longsor yang terjadi di Kecamatan Semidang Alas, tetapi juga banjir yang menyebabkan ratusan rumah dan jalan raya terendam.

Kapolsek Semidang Alas Maras, Iptu. Arif Hidayat, S.I.Kom, menyampaikan bahwa setidaknya ada tiga desa yang terendam banjir. Tiga desa tersebut adalah Desa Jambat Akar, Desa Maras Tengah, dan Desa Talang Kemang.

Banjir mulai terjadi pada Jumat dini hari, 11 Oktober 2024, pukul 00.00 WIB, dan merendam rumah-rumah warga serta jalan raya.

BACA JUGA:Polsek Selupu Rejang Buru Penadah dan 2 Pelaku Sindikat Pencurian Mobil Antar Provinsi

BACA JUGA:SMKN 1 Rejang Lebong Gelar Job Fair 25 Oktober 2024: Peluang Emas untuk Pencari Kerja!

Penyebab utama banjir ini adalah curah hujan yang sangat tinggi, yang membuat Sungai Maras tidak mampu menampung debit air, sehingga air meluap dan menggenangi rumah-rumah serta jalan yang menghubungkan Desa Serian Bandung ke simpang 3 Sendawar, Kecamatan Semidang Alas Maras.

Peristiwa banjir paling parah terjadi di Desa Talang Kemang, di mana tercatat sekitar 130 rumah terendam dengan ketinggian air mencapai 70 cm.

"Dari 3 desa yang dilaporkan terendam banjir, terbanyak ada di Desa Talang Kemang di mana ada 130 rumah yang terendam beserta jalan raya, sementara untuk desa lainnya saat ini masih dalam proses rekap," ujar Kapolsek SAM, seperti yang dikutip dari KORANRB.ID.

Anggota DPRD Seluma dari daerah pemilihan setempat, Zetman, mengaku sudah melakukan koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Seluma, Dinas Sosial, dan Dinas Kesehatan Seluma untuk segera menangani proses evakuasi dan penanganan pasca-banjir.

BACA JUGA:Masyarakat Enggano Deklarasi Dukung Rohidin Mersyah untuk Pilkada 2024

BACA JUGA:Resep Chicken Nugget Keju Ala Chef Rudy Choirudin, Sajian Sehat dan Lezat Favorit Anak-Anak

"Warga yang terdampak dapat memperoleh pertolongan, baik dalam proses evakuasi, kebutuhan darurat, maupun untuk mengantisipasi potensi penyakit yang dapat timbul pasca-banjir," kata Zetman.

Zetman juga mengimbau kepada warga agar tetap menjaga kesehatan, karena setelah banjir, risiko penyakit seringkali meningkat. 

"Bantuan dari Pemkab Seluma sudah kami koordinasikan dengan OPD terkait dan saat ini sedang dalam proses pendataan," tambahnya.

Bencana banjir ini menambah deretan tantangan yang dihadapi oleh masyarakat Semidang Alas Maras dan membutuhkan perhatian serius dari berbagai pihak dalam penanganan dan pemulihan pasca-banjir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: