HONDA

Otomatisasi Email Marketing: Menyasar Pelanggan dengan Tepat

Otomatisasi Email Marketing: Menyasar Pelanggan dengan Tepat

Tingkatkan efisiensi kampanye dan konversi dengan otomatisasi email marketing yang cerdas. Pelajari cara menjangkau pelanggan secara efisien, dan tepat sasaran.--Freepik.com

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Pernah mengirimkan promosi dalam bentuk email namun calon pelanggan sama sekali tidak membukanya? Atau konten pemasaran sudah disusun semenarik mungkin, namun hasil konversi tetap rendah? Bisa jadi masalahnya bukan terletak pada konten yang telah kamu buat, melainkan pengaturan waktu, frekuensi, dan relevansi pengiriman email.

Di sinilah otomatisasi pada email marketing menjalankan perannya. Teknologi yang telah berkembang cepat, mendorong pelaku bisnis untuk menjangkau pelanggan yang tepat sasaran secara efisien. Kamu tidak perlu lagi mengorbankan banyak waktu dan tenaga, karena otomatisasi akan membantumu membangun hubungan pelanggan yang lebih kuat.

Bagaimana otomatisasi email marketing dapat dikirim secara cerdas berdasarkan perilaku dan kebutuhan pelanggan? Dalam artikel ini, kita akan membahasnya, mari kita kupas lebih dalam!

BACA JUGA:Pemilik KM Tiga Putra Resmi Tersangka dalam Kasus Karamnya Kapal Wisata Pulau Tikus, 8 Pengunjung Tewas

BACA JUGA:Misteri Jasad Mr.X di Sungai Arau Bintang, Polisi Minta Warga Laporkan Keluarga Hilang

Apa Itu Otomatisasi pada Email Marketing?

Email marketing adalah strategi pemasaran umum dalam digital marketing, dimana email digunakan sebagai sarana utama untuk menjangkau pelanggan. Melalui email, bisnis dapat membagikan informasi produk, menawarkan promo, hingga membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan. 

Namun, seiring berkembangnya teknologi dan meningkatnya jumlah pelanggan, mengirimkan email satu persatu akan menghabiskan banyak waktu. Dengan begitu, otomatisasi diciptakan sebagai solusi untuk membuatnya bekerja secara efisien.

Apa bedanya email marketing otomatis dengan manual?

Email marketing yang dilakukan secara manual mengharuskan pengirim membuat, menjadwalkan dan mengirim email untuk masing-masing pelanggan. Bagi bisnis kecil, menggunakan sistem ini memang terlihat lebih personal, tapi bagaimana dengan bisnis skala besar dengan ribuan pelanggan?

BACA JUGA:Bunda Wajib Tahu! Ramuan Herbal Ini Efektif Redakan Batuk dan Pilek Anak

BACA JUGA:Cuaca Tak Menentu, Anak Batuk Pilek? Hindari Obat Kimia, Coba Cara Ini

Sedangkan, email marketing otomatis akan membantu bisnis untuk mengatur alur pengiriman email sesuai dengan trigger tertentu. Misalnya, saat pelanggan mendaftarkan diri untuk berlangganan email marketing melalui website e-commerce bisnis, maka sistem akan secara otomatis menyusun skenario pengiriman sesuai dengan alur yang telah kamu tentukan.

Dengan menggunakan otomatisasi pada email marketing, bisnis dapat meningkatkan efisiensi waktu serta meningkatkan skalabilitas jangkauan audiens. Tentunya, hal ini perlu diimbangi dengan strategi komunikasi yang personal dan berdampak.

Manfaat Otomatisasi dalam Strategi Email Marketing

Interaksi dengan pelanggan adalah peluang bagi bisnis, termasuk interaksi melalui email. Namun, ketika interaksi terjadi dalam jumlah besar, bagaimana bisnis dapat mengidentifikasi peluang tersebut? Berikut beberapa manfaat utama otomatisasi dalam strategi email marketing yang dapat membantu bisnis mengoptimalkan komunikasi dengan pelanggan. 

BACA JUGA:Korupsi Dana Desa, Kades Air Pesi Dikirim ke Lapas Curup

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: