Hilal Tak Terlihat di Bengkulu, 1 Syawal Ditetapkan Kamis 13 Mei

Selasa 11-05-2021,20:07 WIB
Reporter : redaksi rb
Editor : redaksi rb

  BENGKULU - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Bengkulu bersama Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan pihak undangan lainnya melakukan pemantauan hilal 1 Syawal 1442 hijriah. Bertempat di Mess Pemda Provinsi Bengkulu, Selasa sore (11/5). Hasilnya, hilal tidak terlihat.

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu yang hadir langsung dalam pemantauan hilal tadi sore, Zahdi Taher mengatakan, dari hasil pemantauan hilal yang dilakukan bahwa hilal 1 Syawal 1442 Hijriah dari Bengkulu belum terlihat. Begitupun dengan sejumlah provinsi yang ikut melaksanakan rukyatul hilal.

"Hasil pantauan tadi bahwa hilal sama sekali belum terlihat. Jadi karena belum terlihat maka 1 Syawal akan jatuh pada tanggal 13 Mei 2021 yakni hari Kamis esok," kata Zahdi.

Dari hasil pemantauan ini lalu dilaporkan ke Kemenag RI sebagai pedoman saat melakukan sidang isbat 1 Syawal 1442 Hijriah. Dari sidang isbat di Kemenag RI memutuskan bahwa 1 Syawal atau Hari Raya Idul Fitri pada tahun ini jatuh pada hari Kamis 13 Mei 2021. "Besok masih puasa, karenan hilal belum terlihat," tutupnya. (tok)

Tags :
Kategori :

Terkait