Sidak di Kantor Samsat, Wagub Temukan Fasilitas Pelayanan Kurang

Selasa 18-05-2021,13:27 WIB
Reporter : redaksi rb
Editor : redaksi rb

  BENGKULU - Wakil Gubernur Bengkulu Rosjonsyah menggelar inspeksi mendadak (Sidak), Senin (18/5) di Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Provinsi Bengkulu terkhusus pelayanan samsat pascalibur lebaran 2021. Selain sidak pelayanan, wagub juga melakukan sidak kehadiran ASN pasca libur lebaran.

Dalam sidak yang digelar tersebut, wagub mendapati benar bahwa pelayanan samsat khususnya pelayanan pajak kendaraan bermotor (PKB) meningkat, hal tersebut juga terjadi pada pelayanan Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB). Namun dari sidak yang dilakukan, wagub lebih menyoroti terkait adanya fasilitas pelayanan yang kurang terutama fasilitas yang ada di gedung pelayanan BPKB yang memiliki keterbatasan kursi bagi pengunjung yang akan mengurus pelayanan.

"Kita melakukan pengecekan pelayanan di samsat, namun juga kita melihat fasilitas pendukung pelayanan ini sebatas mana. Kalau kita lihat fasilitas saat ini kurang terutama di ruang tunggu pelayanan BPKB," ujar wagub.

"Ini sangat sedikit sekali kursinya padahal kita tanya tadi dalam sehari bisa melayani hingga 200 orang. Jadi jangan sampai fasilitas yang ada dapat menghambat kebutuhan pelayanan. Nanti akan kita tindak lanjuti masalah fasilitas ini," paparnya.

Selain itu wagub juga menyoroti daya listrik yang ada di gedung pelayanan tersebut yang kurang mendukung kegiatan pelayanan yang dominan dilakukan melalui digitalisasi.

Sementara itu Kabid Pendapatan BPKD Provinsi Bengkulu, Sepragusri mengatakan dalam pelayanan terkhusus Samsat memang ada beberapa hal yang kurang. Dapat dilihat bahwa ruangan pelayanan BPKB baru direhabilitasi tahun lalu sehingga sarana prasarananya belum terpenuhi di tahun ini.

"Ada beberapa hal yang memang belum terpenuhi seperti kursi tunggu karena memang pelayanan BPKB itu tidak sama dengan pelayanan PKB. Pelayanan PKB itu memang menumpuk dan banyak," terang Sepra.

"Kalau BPKB itu kan yang sudah selesai dilayani, baru ngambil berkasnya di BPKB atau bukunya di BPKB. Nah, tapi itu akan semuanya kita perbaiki termasuk kurangnya daya listrik gedung yang kita miliki," tambahnya.

Namun meskipun demikian pihaknya beranggapan masih dapat memberikan kenyaman pelayanan pengurusan pajak kendaraan bermotor

"Insya Allah kami akan tetap mengakomodir, akan tetap kita penuhi sehingga layanan kita tetap baik, diterima oleh masyarakat," tutupnya. (tok)

Tags :
Kategori :

Terkait