BPBD Kota Bengkulu Bakal Miliki Alat Pendeteksi Gempa Bumi dan Tsunami

Minggu 13-06-2021,18:30 WIB
Reporter : redaksi rb
Editor : redaksi rb

  BENGKULU - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bengkulu bakal memiliki alat pendeteksi dini untuk gempa bumi dan tsunami. Bantuan dari Pemerintah Pusat melalui Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG). Alat tersebut memiliki perangkat warning receiver system atau sistem penerima peringatan dini informasi gempa bumi dan tsunami.

"Ya kita akan mendapatkan bantuan dari Pemerintah Pusat. Tapi setahu saya nggak semuanya dapat. Kita Bengkulu dapat bantuan karena tercatat daerah yang rawan bencana," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Bengkulu Selupati.

Dijelaskannya, alat tersebut merupakan alat peringatan dini gempa bumi dan tsunami yang terhubung langsung dengan BMKG. Jadi setiap hitungan detik gempa yang terekam pasti akan muncul, terpantau oleh alat bantuan tersebut. Kecepatan informasinya pun lebih cepat dan akurat.

"Jika terjadi gempa nanti akan langsung muncul di alat tersebut dan itu akurat. Namun demikian kita berharap Kota Bengkulu ini terhindar dari bencana. Memang semua Tuhan yang mengatur kita hanya bisa berdoa dan tugas kita manusia hanya bisa membantu sebatas mampu kita aja," demikian Selupati. (cw1)

Tags :
Kategori :

Terkait