Manfaat Kesehatan Luar Biasa Tanaman Herbal Lokal Daun Capo, Tak Hanya Ampuh Turunkan Demam

Kamis 30-11-2023,17:39 WIB
Reporter : Heri Aprizal
Editor : Heri Aprizal

Selain itu, daun capo juga terbukti memiliki sifat anti-radang, meningkatkan peredaran darah, efek antimikroba terhadap bakteri, serta memberikan sensasi pemanasan pada tubuh.

Dengan demikian, daun sembung atau capo bukan hanya tanaman liar biasa, melainkan sumber manfaat kesehatan lokal yang menjanjikan untuk mendukung kesejahteraan tubuh secara optimal.

Kandungan Bergizi dari Daun Sembung

Tanaman ini, yang telah lama digunakan sebagai obat herbal di Asia Tenggara, memiliki beragam kandungan bermanfaat.

Daunnya, yang kaya akan minyak atsiri, alkaloid, flavonoid, tanin, terpenoid, steroid, dihidroflavon, monoterpen, sesquiterpen, dan triterpen, menjadi fokus utama penggunaannya.

BACA JUGA:Tanaman Jarak Pagar: Sempat Digunakan untuk Bahan Bakar Kendaraan Perang, Berikut 5 Khasiatnya untuk Kesehatan

Ciri-ciri Daun Sembung

Dengan daun tunggal hijau, panjang sekitar 10-30 cm, dan lebar 2,5-12 cm, daun sembung memiliki bentuk lonjong dengan ujung runcing. Tepinya bergerigi dan tajam, serta permukaannya memiliki bulu halus.

Manfaat Kesehatan yang Luar Biasa

1. Mengatasi Diare

Daun sembung telah terbukti memiliki sifat antimikroba yang dapat melawan mikroba penyebab diare. Penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak daun Blumea balsamifera efektif sebagai antidiare.

BACA JUGA:Tanaman Lidah Buaya Ampuh Atasi Ketombe dan Bikin Rambut Sehat, Simak di Sini Cara Mengolahnya

2. Mengurangi Batu Ginjal

Studi pada jurnal Asian Journal of Urology menunjukkan bahwa ekstrak daun sembung membantu mengecilkan ukuran kristal kalsium oksalat dan mencegah pembentukannya, membantu mengatasi masalah batu ginjal.

3. Penurun Demam Alami

Ekstrak methanol dari daun sembung diyakini dapat membantu menurunkan suhu tubuh, menjadi solusi alami untuk menurunkan demam.

Kategori :