Yahudi Indentik Israel, Ternyata Penganut Yudaisme Ini Sudah Ada di Indonesia Sejak 1800, Ini Faktanya !

Senin 11-12-2023,00:11 WIB
Reporter : Tim Liputan
Editor : Marsal Abadi

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Agama Yahudi atau Yudaisme adalah salah satu agama di Dunia. Yahudi ini identik dengan Israel. Namun, tahukah kamu, bahwa ternyata penganut Yudaisme ini sudah ada di Indonesia sejak 1800. Berikut ini faktanya !

BACA JUGA:Mahira Pray For Palestina, Angkat Sejarah Kaum Yahudi Menumpang, Pembantaian Rakyat Oleh Zeonis

Jumlah pengikut agama Yahudi hingga tahun 2022 di dunia memiliki pengikut atau penganut sebanyak 15,2 juta jiwa. Atau kalau dipersentasekan, mencakup 0,2 % dari jumlah 8 miliar penduduk dunia. Jumlah ini mengacu pada informasi yang disampaikan akun YouTube Angka dan Data Channel. 

BACA JUGA:Pantas Benci Yahudi, Sekarang Dunia Tahu Mengapa Hitler Bantai Yahudi

Walau hanya 0,2 % dari jumlah penduduk dunia, agama orang Yahudi atau Yudaisme ini adalah agama terbesar kedelapan di dunia. Selama ini, kita semua menganggap agama Yahudi atau Yudaisme ini identik dengan bangsa Israel. Padahal, agama Yahudi atau Yudaisme di Indonesia sudah ada.

BACA JUGA:Bukan Islam, Ternyata Ini Agama Pertama dari Kerajaan Pagaruyung Beserta Sejarah dan Peninggalannya

Lalu, apa perbedaan agama Yahudi atau Yudaisme yang ada di Israel dan di Indonesia. Berikut ini dilansir dari akun YouTube angka dan data, menyebutkan ada beberapa perbedaan. Selain itu, berdasarkan rangkuman rakyatbengkulu.com himpun dari sumber lainnya, maka setidaknya 8 perbedaan antara Yahudi Israel dan Indonesia, adalah sebagai berikut :

BACA JUGA:Jangan Menikahi Laki-Laki Miskin Agama, Tidak Punya Adab, Juga Temperamen

1. Sejarah yang berbeda

Menurut pemuka umat Yahudi di Sulawesi Utara Rabbi Yaakov Baruch, bahwa umat Yahudi Indonesia jelas berbeda dengan umat Yahudi di Israel. Umat Yahudi Indonesia sudah ada sejak tahun 1800, sebelum perang dunia pertama. 

BACA JUGA:Dukungan untuk Palestina: Bukan Karena Agama, Tapi Tentang Kemanusiaan

Sementara kemerdekaan negara Israel baru terjadi setelah peran dunia kedua, yakni tahun 1948. Sejak tahun 1800, umat Yahudi masuk ke Indonesia terdiri dari dua kloter atau dua gelombang. 

BACA JUGA:Ingin Nikah Dibawah Umur! Begini Cara Pengajuan Dispensasi Kawin ke Pengadilan Agama

Pertama adalah umat Yahudi yang berasal dari belahan benua Eropa yaitu Belanda dan Jerman. Berikutnya, menyusul umat Yahudi yang berasal Timur Tengah yakni dari Irak. Ketika itu populasi umat Yahudi di Indonesia mencapai 5.000 jiwa.

BACA JUGA:Wow! Terkenal Paling Religius, 3 Shio Ini Cocok Jadi Pemuka Agama

Kategori :