Ingin Teknik Photography Keren? Kenali Segitiga Exposure agar Foto Lebih Indah!

Minggu 07-01-2024,22:13 WIB
Reporter : Neni Anggraeni
Editor : Peri Haryadi

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Bagi yang memiliki hoby photography dan ingin mencoba menggunakan kamera profesional atau SLR (DSLR). Juga bagi seseorang yang bekerja bidang kehumasan, sangat berguna untuk terus meningkatkan permainan fotografi kita.

Sebab ini sangat berguna untukmendukung kualitas media dan foto jadi lebih sempurna. Oleh karena itu, perlu untuk kamu mengetahui segitiga exposure atau 3 unsur dasar teknik photography.

Berikut telah kami rangkum 3 unsur dasar photography yang wajib kamu kuasai :

1. ISO

ISO dikenal sebagai pengaturan tingkat sensitivitas sensor kamera terhadap cahaya. Jika nilai ISO yang semakin rendah akan mendapatkan hasil  foto yang gelap. 

Sebaliknya, jika nilai ISO yang semakin tinggi akan mendapatkan foto yang yang terang. Akan tetapi tidak sembarangan dalam menaik turunkan angka ISO.

BACA JUGA:Baru! Cugung Abbas di Danau Dendam Tak Sudah Bengkulu, Rekomendasi Spot Foto untuk Liburan Akhir Tahun

Bila dalam keadaan minimal cahaya, disarankan untuk menggunakan ISO di Angka 500 hingga 1600 saja, jika lebih dari itu foto yang dihasilkan akan noise atau adanya gangguan seperti titik-titik putih pada foto.

Lain dengan foto diluar ruangan pada saat siang. Itu hanya menggunakan ISO 100 hingga 200 saja. 

Umumnya, ukuran ISO yaitu ISO 100, ISO 200, ISO 400, ISO 800, dan kelipatannya tergantung pada spesifikasi kamera.

BACA JUGA:Ingin Coba Pakai Kamera Digotal, Kenali Kamera Seperti Mengenali Diri, Pilih Lokasi yang Tepat

2. Aperture Diafragma atau bukaan lensa

Aperture merupakan diafragma yang artinya lubang yang ada pada lensa, lokasi dimana cahaya masuk ke dalam kamera (sensor) sehingga nanti menghasilkan foto.

BACA JUGA:Eksploring Kamera iPhone: 6 Tipe Iphone dengan Fitur Kamera 0,5x

Semakin besar bukaan lensa, maka semakin banyak pula cahaya yang masuk. Sama seperti ketika membuka jendela rumah, semakin kita buka lebar jendela maka semakin terang pula ruangan yang ada di dalam rumah.

Kategori :